Warga di Amritsar, Punjab, Pakistan, keluar dari rumah mereka masing-masing usai merasakan guncangan gempa bumi pada Jumat malam, 12 Februari 2021. (NARINDER NANU/AFP)
Warga di Amritsar, Punjab, Pakistan, keluar dari rumah mereka masing-masing usai merasakan guncangan gempa bumi pada Jumat malam, 12 Februari 2021. (NARINDER NANU/AFP)

Gempa Magnitudo 6,4 Terasa di Sejumlah Kota Pakistan dan India

Internasional india Gempa Bumi pakistan gempa asia selatan
Willy Haryono • 13 Februari 2021 11:29
Punjab: Wilayah utara Pakistan, termasuk ibu kota federal dan beberapa kota di provinsi Punjab serta Khyber Pakhtunkhwa, diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat malam. Guncangan juga terasa di sejumlah kota di India.
 
Menurut laporan Departemen Meteorologi Pakistan, gempa bumi terjadi pada pukul 22.02 waktu setempat dengan kedalaman mencapai 80 kilometer.
 
Pusat Monitoring Seismik Nasional juga mencatat angka yang sama, yakni magnitudo 6,4. Sementara Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat kekuatan gempa di angka 5,9 dengan kedalaman 91,6 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman Dawn pada Sabtu, 13 Februari 2021, USGS menyebut episentrum gempa berlokasi sekitar 35 km dari barat Murghob di Tajikistan. Di Pakistan, guncangan gempa terasa di Islamabad, Lahore, dan beberapa area di Punjab. Di Khyber Pakhtunkhwa, gempa terasa di area Malakand dan Hazara.
 
Menteri Utama Punjab Usman Buzdar meminta badan kesehatan dan penyelamatan untuk bersiaga memonitor situasi terkini. Ia meminta agar otoritas setempat menghindari terjadinya insiden-insiden yang tak diinginkan.
 
Di India, gempa terasa di beberapa kota, termasuk New Delhi. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan, baik di Pakistan maupun India.
 
Namun kuatnya guncangan membuat warga melarikan diri dari rumah mereka masing-masing di Islamabad, Rawalpindi, Lahore, dan kota-kota lain. Warganet di kedua negara beramai-ramai mengunggah informasi terkini ke media sosial.
 
Juni tahun lalu, gempa magnitudo 5,7 mengguncang beberapa area di Pakistan, termasuk Peshawar. Sebelum itu, gempa magnitudo 6,4 melanda beberapa area utara Pakistan dan juga Afghanistan.
 
Pada September 2019, sebuah gempa bumi mengguncang beberapa area di selatan Azad Jammu dan Kashmir, menewaskan 38 orang dan membuat ratusan lainnya terluka.
 
Baca:  Gempa di Kashmir Pakistan Tewaskan Puluhan Orang
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif