Petugas melanjutkan operasi pencarian korban di area sekitar jembatan Morbi, India, 31 Oktober 2022. (Sam PANTHAKY / AFP)
Petugas melanjutkan operasi pencarian korban di area sekitar jembatan Morbi, India, 31 Oktober 2022. (Sam PANTHAKY / AFP)

India Tangkap 9 Orang Terkait Jembatan Ambruk yang Tewaskan 141 Orang

Willy Haryono • 01 November 2022 06:29
Gujarat: Kepolisian negara bagian Gujarat, India, telah menangkap sembilan orang terkait robohnya jembatan penyeberangan yang menewaskan setidaknya 141 orang. Empat dari mereka adalah karyawan sebuah perusahaan yang dikontrak untuk memelihara jembatan di kota Morbi.
 
Ratusan orang berada di jembatan saat kejadian. Mereka semua berteriak meminta tolong dari sungai di bawah sisa-sisa jembatan.
 
Harapan menemukan lebih banyak korban selamat memudar. Banyak anak-anak, perempuan dan orang tua termasuk di antara yang tewas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jembatan gantung berusia 140 tahun itu - objek wisata utama lokal - baru dibuka kembali pekan kemarin setelah diperbaiki.
 
Polisi yang menyelidiki bencana tersebut pada Minggu malam mengatakan bahwa sembilan orang yang ditangkap semuanya terkait dengan kelompok Oreva, perusahaan yang dikontrak untuk memelihara dan mengoperasikan jembatan Morbi.
 
Baca:  Naik Drastis, Korban Tewas Jembatan Ambruk di India Jadi 132 Orang
 
Mereka sedang diselidiki atas dugaan pembunuhan kesalahan berujung kematian yang bukan pembunuhan, kata perwira polisi senior Ashok Kumar Yadav.
 
"Dari sembilan orang ini, dua bekerja sebagai manajer, dua lainnya petugas pemesanan tiket (semuanya dipekerjakan oleh Oreva] di lokasi jembatan," katanya, dikutip dari laman BBC, Senin, 31 Oktober 2022.
 
Lima terdakwa lainnya termasuk dua orang yang dikontrak untuk memperbaiki struktur serta seorang petugas keamanan di jembatan. Tidak ada tanggapan langsung dari Oreva atas berita penangkapan tersebut.
 
Sebelumnya, juru bicara perusahaan mengatakan kepada surat kabar Indian Express bahwa, "jembatan itu runtuh karena terlalu banyak orang di bagian tengah."
 
Pertanyaan telah diajukan tentang mengapa Oreva Group, sebuah perusahaan yang pernah menggambarkan dirinya sebagai "perusahaan manufaktur jam terbesar di dunia," diberi tanggung jawab untuk memelihara kondisi jembatan.
 
Kekhawatiran juga telah dikemukakan tentang apakah pemeriksaan keamanan dilakukan sebelum jembatan Morbi dibuka kembali.
 
Jembatan Morbi sepanjang 230 meter di sungai Machchhu dibangun pada tahun 1880 saat pemerintahan kolonial Inggris di India.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif