Warga berjalan melewati berita peluncuran rudal balistik Korea Utara yang disiarkan di sebuah televisi di Seoul, Korea Selatan, 29 September 2022. (Jung Yeon-je / AFP)
Warga berjalan melewati berita peluncuran rudal balistik Korea Utara yang disiarkan di sebuah televisi di Seoul, Korea Selatan, 29 September 2022. (Jung Yeon-je / AFP)

Korut Luncurkan Rudal Keempat dalam Sepekan, Mau Berapa Kali Lagi Sih?

Willy Haryono • 01 Oktober 2022 12:49
Seoul: Korea Utara (Korut) meluncurkan dua rudal balistik ke laut bagian timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Menurut keterangan militer Korea Selatan (Korsel), ini merupakan peluncuran keempat yang dilakukan Korut selama sepekan.
 
Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara telah menembakkan rudal balistik jarak pendek antara pukul 06.45 dan 07.03 waktu setempat dari area Sunan di Pyongyang.
 
Dikutip dari The Epoch Times, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa kedua rudal itu terbang dalam jarak antara 350 hingga 400 kilometer dengan ketinggian 60 km. Kedua rudal itu kemudian jatuh ke laut di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Menhan Jepang, Toshiro Ino, mengatakan kepada awak media bahwa Tokyo telah melayangkan protes melalui kedutaan besar Negeri Sakura di Beijing, Tiongkok. Selama ini, Tiongkok dikenal sebagai mitra terdekat Korut.
 
Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat mengatakan bahwa peluncuran terbaru rudal balistik Korea Utara ini tidak menimbulkan ancaman nyata terhadap Washington dan para sekutunya. Kendati begitu, peluncuran tersebut menyoroti "dampak destabilisasi" dari program rudal balistik Korut yang dinilai ilegal.
 
"Kami mengetahui adanya peluncuran dua rudal balistik. Saat ini kami berkonsultasi secara dekat dengan para sekutu dan mitra kami," tutur Komando Indo-Pasifik AS.
 
"Komitmen AS terhadap pertahanan Republik Korea dan Jepang tetap tak tergoyahkan," pungkasnya.
 
Peluncuran terbaru ini terjadi di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara dapat segera melakukan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.
 
Sebelumnya, dua anggota parlemen Korea Selatan meyakini bahwa negara tetangganya itu akan melakukan tes nuklir pada 16 Oktober dan 7 November mendatang.
 
Baca:  Korsel Yakin Banget Korut Akan Segera Lakukan Uji Coba Nuklir
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif