Sebanyak 80 persen warga Tiongkok sudah terinfeksi covid-19./AFP
Sebanyak 80 persen warga Tiongkok sudah terinfeksi covid-19./AFP

Sekitar 80 Persen Populasi Tiongkok Sudah Pernah Terinfeksi Covid-19

Marcheilla Ariesta • 21 Januari 2023 18:49
Beijing: Sekitar 80 persen populasi di Tiongkok sudah pernah terinfeksi Covid-19. Ilmuwan pemerintah mengatakan, dengan angka ini kemungkinan 'rebound' besar Covid-19 di Tiongkok selama dua atau tiga bulan ke depan sangat kecil.
 
Pergerakan massal warga Tiongkok selama periode liburan Tahun Baru Imlek yang sedang berlangsung dapat menyebarkan pandemi dan meningkatkan infeksi di beberapa daerah.
 
"Namun, gelombang Covid-19 kedua mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat," kata Wu Zunyou, kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian Penyakit Tiongkok dan Pencegahan, dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 21 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Jutaan Warga Tiongkok Pulang Kampung Rayakan Imlek, Lonjakan Covid-19 Mengancam
 
Ratusan juta orang Tiongkok bepergian ke seluruh negeri untuk liburan, yang sebelumnya sempat ditangguhkan di bawah pembatasan Covid-19. Liburan ini meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya wabah baru di daerah pedesaan yang dianggap kurang siap dalam menangani penyebaran virus berskala besar.
 
Negeri Tirai Bambu telah melewati lonjakan infeksi Covid-19. Hampir 60.000 orang dengan Covid-19 meninggal di rumah sakit pada 12 Januari, kira-kira sebulan setelah Tiongkok secara tiba-tiba mencabut kebijakan "Nol-Covid."
 
Namun, beberapa ahli mengatakan, angka itu mungkin jauh dari perhitungan dampak penuh. Pasalnya, penghitungan tidak termasuk mereka yang meninggal di rumah masing-masing.
 
Selain itu, banyak dokter mengatakan mereka diimbau pemerintah untuk tidak menyebut Covid-19 sebagai penyebab kematian pasien.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif