Kerusakan yang diakibatkan ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. (Foto:AFP)
Kerusakan yang diakibatkan ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. (Foto:AFP)

Korsel Kirim Masker dan Kebutuhan Pokok ke Lebanon

Internasional Ledakan Lebanon
Willy Haryono • 10 Agustus 2020 14:03
Seoul: Korea Selatan telah mengirim bantuan darurat ke Lebanon untuk membantu korban dari ledakan dahsyat yang terjadi di Beirut. Ledakan pada Selasa 4 Agustus itu menewaskan sedikitnya 158 orang dan membuat 6.000 lainnya terluka.
 
Otoritas Lebanon menyebut, ledakan di Beirut berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan di gudang pelabuhan Beirut selama enam pekan.
 
Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Nasional Korsel, sekitar 6.000 masker wajah dan berbagai barang esensial lainnya telah dikiri ke Lebanon pada Sabtu kemarin. Bantuan disalurkan melalui unit Dongmyeong yang sudah disiagakan di Lebanon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari KBS World Radio, Senin 10 Agustus 2020, pasukan Korsel yang tergabung dalam misi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di kawasan juga berencana menyalurkan 4.000 tambahan bantuan.
 
Selain itu, pasukan Korsel juga bersedia memberikan bantuan dan dukungan apapun jika diminta Pemerintah Lebanon.
 
Sekitar 200 prajurit Korsel saat ini berada di unit Dongmyeong, yang dikirim ke Lebanon sejak Juli 2007. Mereka akan dirotasi jajaran personel baru saat tur mereka berakhir pada Selasa pekan depan.
 
Negara-negara global beramai-ramai mengirimkan bantuan ke Lebanon. Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab sebelumnya telah meminta agar semua negara bersedia menyalurkan bantuannya.
 
Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang telah mengirimkan bantuan ke Lebanon. Presiden AS Donald Trump mengatakan, tiga pesawat besar berisi bantuan telah bertolak ke Lebanon.
 
Berbicara dengan Presiden Michel Aoun via sambungan telepon, Trump berjanji akan mengirim lebih banyak lagi bantuan ke Lebanon.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif