Perempuan Afghanistan diwajibkan gunakan burqa oleh Taliban. Foto: AFP
Perempuan Afghanistan diwajibkan gunakan burqa oleh Taliban. Foto: AFP

Taliban Wajibkan Perempuan Afghanistan Gunakan Burqa

Internasional Taliban afghanistan hijab Pemerintahan Baru Taliban
Fajar Nugraha • 08 Mei 2022 13:08
Kabul: Taliban pada Sabtu 7 Mei memberlakukan beberapa pembatasan paling keras pada wanita Afghanistan sejak mereka merebut kekuasaan. Memerintahkan para perempuan untuk menutupi sepenuhnya di depan umum, idealnya dengan burqa tradisional.
 
Militan Taliban mengambil kembali kendali negara itu pada Agustus tahun lalu, menjanjikan aturan yang lebih lunak daripada tugas mereka sebelumnya dalam kekuasaan antara 1996 dan 2001, yang ditandai dengan pelanggaran hak asasi manusia.
 
Tapi mereka telah memberlakukan banyak pembatasan pada perempuan. Ini termasuk melarang mereka dari banyak pekerjaan pemerintah, pendidikan menengah, dan dari bepergian sendirian di luar kota mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Sabtu, pemimpin tertinggi Afghanistan dan kepala Taliban Hibatullah Akhundzada menyetujui aturan berpakaian yang ketat untuk wanita ketika mereka berada di depan umum.
 
“Perempuan yang tidak terlalu tua atau muda harus menutup wajah, kecuali mata, sesuai petunjuk syariah, untuk menghindari provokasi ketika bertemu laki-laki yang bukan mahram (kerabat dekat laki-laki dewasa),” demikian surat keputusan yang disetujui Akhundzada, seperti dikutip AFP, Minggu 8 Mei 2022.
 
Dikatakan cara terbaik bagi seorang wanita untuk menutupi wajah dan tubuhnya adalah dengan mengenakan chadari, burqa tradisional Afghanistan yang berwarna biru dan menutupi seluruh tubuhnya.
 
"Mereka harus mengenakan chadari karena itu tradisional dan penuh hormat," katanya.
 
Dekrit Akhundzada juga mengatakan bahwa jika perempuan tidak memiliki pekerjaan penting di luar maka "lebih baik mereka tinggal di rumah".
 
Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan, yang merilis aturan baru, mengumumkan banyak hukuman jika aturan berpakaian tidak diikuti.
 
Dikatakan ayah seorang wanita atau wali laki-laki akan dipanggil dan bahkan bisa dipenjara jika pelanggaran itu dilakukan berulang kali.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif