Ilustrasi Covid-19. (Medcom.id)
Ilustrasi Covid-19. (Medcom.id)

Tiongkok Umumkan Kematian Perdana Covid-19 dalam Hampir 6 Bulan

Willy Haryono • 21 November 2022 07:19
Beijing: Tiongkok mengumumkan kematian pertama akibat Covid-19 dalam hampir enam bulan terakhir pada Minggu, 19 November. Pengumuman disampaikan di saat Tiongkok memberlakukan sejumlah langkah ketat di Beijing dan seluruh negeri dalam menangkal potensi wabah baru.
 
Dikutip dari nzherald.co.nz, Senin, 21 November 2022, kematian seorang pria berusia 87 tahun asal Beijing adalah yang pertama dilaporkan Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok (NHC) sejak 26 Mei. Kematian ini menjadikan total pasien meninggal Covid-19 di Tiongkok menjadi 5.227.
 
Kematian sebelum itu terjadi di Shanghai, kota yang mengalami lonjakan kasus besar Covid-19 pada musim semi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hari Minggu kemarin, Tiongkok mencatat 24.215 kasus baru dalam kurun waktu 24 jam. Sebagian besar dari kasus tersebut tidak menunjukkan gejala atau asimtomatik.
 
Meski Tiongkok memiliki tingkat vaksinasi keseluruhan lebih dari 92 persen, untuk setidaknya satu dosis, angkanya relatif rendah di kalangan orang tua - terutama yang berusia di atas 80 tahun. NHC tidak memberikan rincian tentang status vaksinasi dari pasien meninggal terbaru di Beijing.
 
Rendahnya tingkat vaksinasi Covid-19 di kalangan lansia menjadi salah satu alasan mengapa Tiongkok masih menutup sebagian besar perbatasannya dan berpegang teguh pada kebijakan "nol-Covid." Kebijakan tersebut berupaya menghapus infeksi Covid-19 melalui penguncian (lockdown), karantina, penelusuran kasus, dan pengujian massal.
 
"Nol-Covid" berdampak pada kehidupan dan ekonomi masyarakat Tiongkok, dan sempat meningkatkan kemarahan publik terhadap pihak berwenang.
 
Tiongkok mengatakan pendekatan kerasnya telah membuahkan hasil, dengan mengeklaim bahwa jumlah kasus dan kematian Covid-19 sejauh ini lebih rendah daripada negara lain, seperti Amerika Serikat (AS).
 
Dengan populasi 1,4 miliar, TIongkok secara resmi melaporkan hanya 286.197 kasus sejak Covid-19 pertama kali terdeteksi di kota Wuhan pada akhir 2019. Sementara di AS, jumlah kasus mencapai 98,3 juta dengan 1 juta kematian sejak 2020.
 
Baca:  Asal Muasal Covid-19 Sulit Ditemukan karena Data Tiongkok Kurang
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif