Warga mengantre untuk melakukan tes Covid-19 di Jilin, Tiongkok, 15 Maret 2022. (STR / AFP)
Warga mengantre untuk melakukan tes Covid-19 di Jilin, Tiongkok, 15 Maret 2022. (STR / AFP)

Tiongkok Mengakui Situasi Covid-19 Saat ini 'Suram dan Kompleks'

Willy Haryono • 16 Maret 2022 06:30
Beijing: Sejumlah pejabat kesehatan Tiongkok mengakui bahwa situasi Covid-19 di dalam negeri "suram dan kompleks" di tengah melonjaknya kasus harian ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir.
 
"Situasi epidemi Covid-19 di Tiongkok suram dan kompleks, membuat kami semakin sulit untuk mencegah dan mengendalikannya," kata seorang pejabat di Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, dikutip dari Anadolu Agency, Selasa, 15 Maret 2022.
 
Dari 31 provinsi di Tiongkok, 28 di antaranya telah melaporkan kasus harian Covid-19 dalam sepekan terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Provinsi-provinsi dan kota terdampak sedang melakukan penanganan secara teratur. Secara keseluruhan, epidemi ini masih berada di bawah kendali kami," ujar pejabat tersebut.
 
Ia mengatakan, pulau utama Tiongkok melaporkan 15 ribu infeksi Covid-19 sepanjang bulan ini. "Dengan bertambahnya jumlah kasus positif, kesulitan mencegah dan mengendalikan penyakit juga meningkat," sambung dia.
 
Sebelumnya, beberapa pejabat kesehatan Tiongkok mengonfirmasi tambahan 5.154 kasus Covid-19 pada Selasa.
 
Infeksi Covid-19 di Tiongkok melonjak signifikan untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir sejak pandemi dimulai, di mana Negeri Tirai Bambu sempat menerapkan kebijakan penguncian (lockdown) selama 77 hari untuk membendung virus tersebut.
 
Jilin, dengan populasi lebih dari 21 juta jiwa, menjadi provinsi yang terkena dampak terparah wabah terbaru Covid-19 di Tiongkok. Dari total 5 ribu lebih infeksi harian pada Selasa, 4.067 di antaranya ada di Jilin.
 
Baca:  APD dan Panic Buying, Wajah Pandemi Kembali Muncul di Tiongkok

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif