Tiongkok tegaskan tak ada kompromi terkait Taiwan./AFP
Tiongkok tegaskan tak ada kompromi terkait Taiwan./AFP

Kemenhan Tiongkok Tegaskan Tak Ada Kompromi Terkait Taiwan

Internasional Amerika Serikat Tiongkok taiwan
Marcheilla Ariesta • 25 November 2021 18:36
Beijing: Kementerian Pertahanan Tiongkok menegaskan tak ada ruang untuk kompromi atas Taiwan. Mereka juga menyampaikan, Amerika Serikat (AS) seharusnya tidak memiliki ilusi terhadap hal ini.
 
Beijing mengatakan, masalah Taiwan adalah yang paling sensitif dalam hubungannya dengan Washington.
 
Juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Wu Qian mengatakan, hubungan yang sehat dan stabil dari kedua negara besar ini yang paling diharapkan dunia. Ia menambahkan, Tiongkok bersedia menjaga pertukaran dan kerja sama dengan AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun, untuk jangka waktu tertentu, pihak AS mengatakan banyak hal tak bertanggung jawab dan melakukan banyak provokarif di Taiwan, Laut China Selatan, serta melakukan pengintaian jarak dekat dengan kapal perang dan pesawat," kata Wu, dilansir dari AFP, Kamis, 25 November 2021.
 
Ia menegaskan, prinsip untuk pengembangan hubungan antara kedua militer, antara lain kedaulatan, martabat, dan kepentingan lain yang tak dapat dilanggar.
 
Baca juga: Menlu Tiongkok Tegaskan Dasar Hubungan dengan AS adalah Saling Menghormati
 
"Terutama pada masalah Taiwan, Tiongkok tidak memiliki ruang kompromi, dan pihak AS seharusnya tidak memiliki ilusi tentang ini," tegas Wu.
 
Taiwan diperintah secara demokratis, namun Beijing menganggap Taipei adalah bagian dari mereka. Wilayah pimpinan Tsai Ing-wen ini mengecam Negeri Tirai Bambu karena meningkatkan tekanan diplomatik dan militer untuk mencoba memaksa pulau itu menerima kedaulatan Tiongkok.
 
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah bersumpah untuk mempertahankan pulau itu. Ia mengatakan, hanya rakyatnya yang dapat memutuskan masa depannya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif