Anggota parlemen Jepang bertemu dengan pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing./AFP
Anggota parlemen Jepang bertemu dengan pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing./AFP

Anggota Parlemen Jepang Temui Pemimpin Junta Myanmar

Marcheilla Ariesta • 12 Agustus 2022 19:04
Tokyo: Seorang anggota parlemen dari partai berkuasa Jepang bertemu dengan pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing. Pertemuan ini dilakukan beberapa hari setelah seorang pembuat film dokumenter Jepang ditangkap saat meliput protes di negara Asia Tenggara itu.
 
Hiromichi Watanabe, anggota majelis rendah Jepang yang lebih berkuasa untuk Partai Demokrat Liberal, berada di Myanmar dari 7 Agustus hingga 12 Agustus. "Kantornya tidak menyampaikan tujuan perjalanan Watanabe tersebut," demikian dikutip dari Malay Mail, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Tokyo telah menyerukan pembebasan pembuat film Toru Kubota, 26, yang memasuki Myanmar dengan visa turis dan ditangkap pada 30 Juli dalam sebuah protes di Yangon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menghadapi tuduhan melanggar undang-undang imigrasi dan mendorong perbedaan pendapat terhadap militer yang berkuasa. 
 
Baca juga: Utusan Khusus ASEAN: Superman Saja Tak Bisa Selesaikan Masalah Myanmar
 
Myanmar telah terjebak dalam spiral kekerasan sejak militer menggulingkan pemerintah terpilih tahun lalu. Protes massal dan perlawanan anti-junta bersenjata telah membara di seluruh negeri dan dilawan oleh militer dengan kekuatan mematikan.
 
Seorang jurnalis lepas Jepang dibebaskan di Myanmar tahun lalu setelah awalnya ditangkap dan didakwa menyebarkan berita palsu dalam meliput protes anti-kudeta. Junta mengatakan pembebasannya sebagai pengakuan atas hubungan dekat kedua negara.
 
Sementara itu, media pemerintah Myanmar melaporkan Watanabe bertemu dengan kepala junta Jenderal Senior Min Aung Hlaing di ibu kota Naypyitaw minggu ini untuk membahas hubungan bilateral.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif