Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Yuk, Lebih Mengenal Situs Kota Ashur di Irak

MetroTV • 21 Januari 2022 15:55
Bagdad: Kota-kota kuno di Irak saat ini telah bertahan dari momen-momen penting dalam sejarah. Tak terkecuali dari serangan dan penghancuran kelompok ISIS sejak dibangun pada abad ke-3 sebelum masehi.
 
Salah satu kota termasyhur itu adalah Ashur. Ashur merupakan ibu kota pertama Kerajaan Ashur. Kota ini pernah menjadi lokasi pengobatan dan pemakaman raja-raja Ashur. 
 
Kota ini dibangun oleh orang Ashur yang merupakan pengembara yang memisahkan diri dari kerajaan Babilonia. Mereka menetap di utara Mesopotamia yang sekarang disebut Irak modern.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kota kuno ini terdiri atas tiga gerbang utama, yaitu alun-alun kota, gerbang utama, dan pemakaman raja. Seorang ahli sejarah dari Shirqat, Musa Al Huri, mengatakan gerbang utama dikhususkan bagi transit barang mahal dan berharga.
 
Kerajaan Ashur merupakan kekuatan utama di wilayah timur mulai dari 900 hingga 600 sebelum masehi. Sementara, Kota Ashur adalah ibu kota pertama Kekaisaran Ashur yang kemudian menjadi ibu kota agama setelah Kota Nimrud dipilih sebagai kota politik Ashur.
 
Baca: 7 Orang Tewas 11 Terluka dalam Serangan di Gardu Listrik Irak
 
“Kota Ashur adalah kota agama Ashur. Ashur memiliki ibu kota politik dan agama. Ibu kota politiknya ada di Nimrud, dan ibukota agama Ashur adalah yang ada di daerah ini yang terletak sektiar 4 atau 5 kilometer dari selatan Shirqat,” ujar Ahli sejarah, Musa Al Huri, dalam program Newsline di Metro TV, Jumat 21 Januari 2022.
 
Meskipun kota ini nyaris hancur akibat serangan ISIS, namun situs kuno kota Ashur sudah masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO pada 2003. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif