PM Jepang Fumio Kishida lakukan tur Asia Tenggara mulai hari ini, Jumat, 29 April 2022./AFP
PM Jepang Fumio Kishida lakukan tur Asia Tenggara mulai hari ini, Jumat, 29 April 2022./AFP

Isu Rusia-Ukraina dan Tiongkok Jadi Fokus Utama Tur Asia Tenggara PM Jepang

Internasional jepang Tiongkok Rusia-Ukraina PM Jepang Fumio Kishida
Marcheilla Ariesta • 29 April 2022 12:25
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melakukan kunjungan panjang ke beberapa negara Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara pertama yang ia kunjungi dalam lawatan kali ini.
 
Kunjungannya bertujuan untuk mengumpulkan tanggapan regional terhadap krisis Ukraina, serta melawan pengaruh Tiongkok yang tumbuh di kawasan.
 
Sebagai satu-satunya anggota Asia dari Kelompok G7, Jepang mengharapkan adanya pembicaraan mengenai invasi Rusia ke Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Juga untuk mengkonsolidasikan tanggapan di Asia Tenggara terhadap isu tersebut," kata para pejabat, dilansir dari Malay Mail, Jumat, 29 April 2022.
 
Pasalnya, baru Singapura yang bergabung untuk memberikan sanksi terhadap Rusia dalam invasi tersebut.
 
Baca juga: PM Jepang Kunjungi Indonesia Serta Temui Jokowi, Bahas G20 hingga Ukraina
 
Jepang juga ingin membahas masalah keamanan regional yang berkaitan dengan meningkatnya ketegasan Tiongkok, di tengah kewaspadaan negara Asia Tenggara atas kehilangan akses ekonomi. Asia Tenggara menghindari konfrontasi intens antara Amerika Serikat (AS) sekutu utama Jepang, dengan Tiongkok.
 
"Perdana Menteri berharap dapat menciptakan kerja sama lebih lanjut untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," terang Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno dalam konferensi pers pada Kamis kemarin.
 
"Kami juga mengharapkan diskusi luas tentang sejumlah masalah regional," sambungnya.
 
Kishida pertama kali akan mengunjungi Indonesia, yang tahun ini merupakan ketua Kelompok 20 ekonomi utama, di mana Rusia juga menjadi anggotanya, dan kekuatan ekonomi utama di kawasan itu. Indonesia juga akan menjadi ketua Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun depan. 
 
Namun, ini bukan kali pertama Kishida ke kawasan tersebut. Kishida bulan lalu pergi ke Kamboja, yang menjadi ketua ASEAN tahun ini.
 
Setelah dari Indonesia, dia akan melanjutkan ke Vietnam, ketua Forum Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), diikuti oleh Thailand, sebelum melanjutkan ke Eropa.
 
Kishida, yang menjadi menteri luar negeri terlama di Jepang di bawah mantan perdana menteri Shinzo Abe, menghadapi pemilihan penting untuk majelis tinggi parlemen pada Juli, dan analis politik mengatakan dia berharap untuk menggambarkan kecakapan diplomatik sebagai salah satu kekuatannya.
 
Jepang bulan depan akan menjadi tuan rumah bagi Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Australia dan India untuk apa yang disebut pembicaraan "Quad" tentang keamanan regional.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif