Banjir melanda wilayah Chongqing, Tiongkok, usai hujan deras melanda area sepanjang Sungai Yangtze. (Foto: STR/AFP/Getty)
Banjir melanda wilayah Chongqing, Tiongkok, usai hujan deras melanda area sepanjang Sungai Yangtze. (Foto: STR/AFP/Getty)

Banjir di Sichuan Tiongkok Tewaskan 12 Orang

Internasional tiongkok Banjir Tiongkok
Willy Haryono • 29 Juni 2020 10:15
Sichuan: Otoritas provinsi Sichuan, Tiongkok, melaporkan adanya 12 korban tewas dan 10 dinyatakan hilang dalam musibah banjir yang dipicu hujan deras. Angka ini merupakan tambahan dari korban tewas musibah banjir yang melanda sejumlah wilayah Tiongkok dalam beberapa pekan terakhir.
 
Kabupaten Mianning di Sichuan dilanda hujan badai pada Jumat dan Sabtu kemarin. Banjir pun tak terhindarkan, terutama di wilayah Yihai.
 
Dua kendaraan hanyut terbawa banjir bersama sebagian ruas jalan raya yang juga hancur terkikis air di Yihai. Dikutip dari The Globe and Mail, Senin 29 Juni 2020, total 7.705 orang telah dievakuasi dari area tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mianning berlokasi di kaki bukit yang memanjang hingga ke Dataran Tinggi Tibet, sumber dari sejumlah sungai utama di Negeri Tirai Bambu.
 
Dalam skala nasional, banjir di Tiongkok sejak awal Juni telah membuat 78 orang dinyatakan tewas atau hilang. Banjir juga telah menghancurkan atau merusak lebih dari 100 ribu rumah.
 
Kementerian Urusan Darurat Tiongkok mengestimasi musibah banjir kali ini telah memicu kerugian ekonomi hingga senilai lebih dari 25 miliar yuan (setara Rp49 triliun).
 
Banjir musiman melanda Tiongkok pada setiap tahunnya. Sejumlah pemerintah daerah di Tiongkok berusaha memitigasi musibah musiman ini dengan membangun sejumlah bendungan.
 
Musibah banjir terburuk dalam beberapa tahun terakhir di Tiongkok terjadi pada 1998. Kala itu, lebih dari 2.000 orang tewas dan hampir 3 juta rumah hancur diterjang banjir.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif