Korban gas beracun di India./CNN
Korban gas beracun di India./CNN

6 Pekerja Pabrik India Tewas Akibat Hirup Gas Limbah Kimia Beracun

Internasional India gas beracun Limbah Industri
Marcheilla Ariesta • 07 Januari 2022 18:08
Gujarat: Sebanyak enam pekerja pabrik pencelupan dan percetakan India tewas karena menghirup gas beracun pembuangan limbah bahan kimia ilegal. Selain itu, 23 orang lainnya dibawa ke rumah sakit pada Kamis, 6 Januari 2022.
 
Bencana itu terjadi di kota Surat, negara bagian Gujarat, India pada pukul 04.00 waktu setempat. Para pekerja berada di pabrik ketika beberapa bahan kimia dibuang di dekat mereka.
 
"Bahan kimia dibuang secara ilegal dari sebuah kapal tanker ke sungai dekat pabrik. Mungkin bereaksi dengan bahan kimia lain di dalam air dan menciptakan gas beracun," kata Kepala Pemadam Kebakaran Surat, Basant Pareek, dilansir dari CNN, Jumat, 7 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Para pekerja menghirup gas dan mulai merasa sesak napas. Ketika kami sampai di tempat kejadian, beberapa ditemukan pingsan di jalan, berupaya melarikan diri," lanjutnya.
 
Baca juga: Polisi India Tangkap Pelaku Penjualan Perempuan Muslim
 
Sebanyak enam pekerja meninggal dan 23 lainnya dirawat di rumah sakit. Pareek mengatakan, tujuh orang dalam kondisi kritis sehingga harus menggunakan ventilator.
 
Pejabat senior polisi Sharad Singhal menuturkan, petugas sedang menyelidiki kasus ini. Namun, mereka belum melakukan penangkapan.
 
"Ini bukan kebocoran gas yang tidak disengaja. Bahan kimia berbahaya dikeluarkan saat insiden itu terjadi," ujarnya.
 
India mengalami bencana industri terburuk di dunia pada 1984 silam. Kala itu, gas metil isosianat bocor dari pabrik pestisida milik American Union Carbide Corporation di kota Bhopal. Lebih dari 5.000 orang tewas dalam insiden ini.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif