Warga Korut memakai masker saat beraktivitas di Pyongyang, 9 September 2020. (KIM Won Jin / AFP)
Warga Korut memakai masker saat beraktivitas di Pyongyang, 9 September 2020. (KIM Won Jin / AFP)

Korut Cabut Mandat Masker Usai Deklarasikan 'Kemenangan' atas Covid-19

Willy Haryono • 13 Agustus 2022 11:50
Pyongyang: Korea Utara (Korut) telah mencabut mandat masker dan melonggarkan berbagai pembatasan lainnya usai pemimpin Kim Jong-un mendeklarasikan "kemenangan" atas wabah Covid-19.
 
Pengumuman pada Sabtu, 13 Agustus 2022, disampaikan media nasional Korut usai Pyongyang menyalahkan Seoul atas terjadinya wabah Covid-19. Korut bahkan pernah mengancam akan "membinasakan" otoritas Korsel jika memang diperlukan.
 
"Krisis kesehatan publik telah sepenuhnya diredam, dan keseluruhan wilayah kini sudah bersih dari ancaman virus," ujar keterangan kantor berita Korean Central News Agency atau KCNA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aturan wajib memakai masker sudah dicabut di semua area kecuali wilayah-wilayah terdepan dan kota-kota perbatasan. Keseluruhan negara telah menjadi zona bebas epidemi," sambungnya.
 
Sebelumnya pada pekan ini, Korut mendeklarasikan "kemenangan gemilang" atas Covid-19. Deklarasi disampaikan beberapa bulan usai Korut mengumumkan kasus perdana Covid-19 pada Mei lalu.
 
Menjaga jarak sosial (social distancing) dan beberapa pembatasan Covid-19 lainnya di Korut kini telah dicabut, kecuali untuk area-area perbatasan.
 
Namun individu dengan gejala penyakit pernapasan di Korut tetap direkomendasikan memakai masker. Semua warga Korut juga diminta "tetap waspada" terhadap "hal-hal abnormal" -- merujuk pada pamflet propaganda yang berasal dari Korsel.
 
Meski dilarang sejak 2021, sejumlah aktivis Korsel tetap menerbangkan balon yang dipasangkan pamflet propaganda ke arah Korut.
 
Kim Yo-jong, adik Kim Jong-un, menyalahkan para aktivis atas terjadinya wabah Covid-19 di negaranya. Ia bertekad melakukan pembalasan "mematikan" terhadap Korsel.
 
Ia juga sempat mengungkapkan bahwa sang kakak pernah jatuh sakit dan mengalami "demam tinggi" selama wabah Covid-19.
 
Baca:  Pernah Alami Demam Tinggi, Kim Jong-un Diduga Sempat Terinfeksi Covid-19

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif