Jet tempur Tiongkok di atas Kapal Induk Laoning dalam sebuah latihan. Foto: AFP
Jet tempur Tiongkok di atas Kapal Induk Laoning dalam sebuah latihan. Foto: AFP

Tiongkok Sebut Latihan Militer di Wilayah Taiwan Sangat Diperlukan

Internasional latihan militer tiongkok-taiwan
Marcheilla Ariesta • 16 September 2020 15:07
Beijing: Latihan militer Tiongkok di lepas pantai barat daya Taiwan pekan lalu dinilai sangat diperlukan. Beijing mengatakan, latihan itu dilakukan untuk melindungi kedaulatan Tiongkok.
 
Pernyataan ini disampaikan usai Taiwan mengeluhkan latihan angkatan laut dan udara skala besar sebagai provokasi serius. Mereka mengecam latihan dua hari itu pekan lalu pasalnya berlangsung di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.
 
Dilansir dari The Star, Rabu, 16 September 2020, Tiongkok mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya mereka. Karenanya, Beijing meningkatkan aktivitas militer di dekat pulau itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Latihan militer di lepas pantai barat daya Taiwan pekan lalu adalah 'tindakan yang diperlukan' untuk melindungi kedaulatan Tiongkok," kata pemerintah Tiongkok.
 
Juru bicara Kantor Urusan Taiwan Tiongkok, Ma Xiaoguang mengatakan Taiwan adalah bagian 'suci' dan tidak terpisahkan dari Tiongkok.
 
"Kegiatan pelatihan tempur yang relevan oleh Tentara Pembebasan Rakyat adalah tindakan yang diperlukan yang ditujukan untuk situasi keamanan saat ini di Selat Taiwan dan untuk menjaga kedaulatan nasional," kata Ma.
 
Ma mengatakan, latihan itu juga ditujukan untuk campur tangan pasukan asing yang mendukung kegiatan kemerdekaan Taiwan. Pernyataan ini ditujukan jelas untuk Amerika Serikat.
 
"Mereka terus memprovokasi dan menjadi pembuat ancaman dan masalah," serunya.
 
Taiwan mengecam latihan dua hari itu pekan lalu, yang dikatakan berlangsung di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, antara daratan Taiwan dan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.
 
Menurut pihak Taiwan, Tiongkok mengirim jet tempur Su-30 dan J-10 yang canggih dalam latihan itu.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif