Direktur JMA memberikan penjelasan mengenai semakin mendekatnya Topan Nanmadol ke Jepang, Sabtu, 17 September 2022. (STR / JIJI Press / AFP)
Direktur JMA memberikan penjelasan mengenai semakin mendekatnya Topan Nanmadol ke Jepang, Sabtu, 17 September 2022. (STR / JIJI Press / AFP)

Bahaya! Topan Nanmadol Semakin Mendekat, Jepang Serukan Evakuasi

Willy Haryono • 17 September 2022 19:54
Tokyo: Agensi Meteorologi Jepang (JMA) menyerukan warga di beberapa wilayah Kyushu untuk segera mengungsi pada Sabtu, 17 September 2022, seiring semakin mendekatnya Topan Nanmadol. Topan besar dan kuat itu diproyeksikan tiba di Jepang pada Minggu besok, dan diperkirakan dapat memicu guyuran hujan deras dengan intensitas setengah meter.
 
Nanmadol, diklasifikasikan sebagai topan super oleh Pusat Peringatan Topan Gabungan Angkatan Laut Amerika Serikat, berpotensi menjadi badai tropis paling destruktif di Jepang dalam beberapa dekade terakhir.
 
Dikutip dari Malay Mail, JMA berencana merilis "peringatan khusus" untuk prefektur Kagoshima dan beberapa bagian Kyushu paling cepat Sabtu malam ini. JMA memprediksi akan adanya kemungkinan gelombang tinggi dan hujan deras di area-area tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini akan menjadi peringatan khusus pertama untuk prefektur di utara Okinawa, menurut laporan beberapa media lokal.
 
"Badai dan hujan deras dengan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya dapat menghantam area tersebut," kata staf JMA, Ryuta Kurora, dalam sebuah konferensi pers di televisi. Ia menyerukan warga untuk segera mengungsi sebelum malam hari.
 
JMA memprediksi Kyushu bagian selatan dapat diguyur hujan deras dengan intensitas 500 milimeter pada Minggu besok. Untuk wilayah pusat Tokai, intensitasnya dapat mencapai 300 mm.
 
Perusahaan Kyushu Railway Co 9142.T mulai menangguhkan sejumlah layanan kereta api pada Sabtu ini menjelang penangguhan yang lebih luas pada Minggu besok. Puluhan penerbangan di wilayah Jepang selatan juga telah dibatalkan.
 
Merupakan topan ke-14 dari musim badai tahun ini, Nanmadol yang berada di dekat pulau Minami-Daito bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 20 kilometer per jam pada Sabtu petang. Angin di pusat topan bertiup dengan kecepatan 198 km/jam, sementara putarannya 270 km/jam.
 
Dengan kekuatan setara Kelas 5 untuk kawasan Samudra Atlantik, Nanmadol diproyeksikan berbelok ke timur dan melewati langit Tokyo pada Selasa mendatang, sebelum nantinya bergerak ke laut lepas pada Rabu.
 
Sepanjang Sabtu ini, sejumlah media lokal Jepang menyiarkan tayangan yang memperlihatkan tiupan angin kencang dan hujan di kepulauan Okinawa seiring semakin mendekatnya Nanmadol.
 
Baca:  Badai Tropis Meari Picu Hujan Deras dan Angin Kencang di Jepang
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif