Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI./Medcom.id-Marcheilla
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI./Medcom.id-Marcheilla

Future Cities, Kerja Sama Indonesia-Inggris untuk Lawan Perubahan Iklim

Marcheilla Ariesta • 05 Juli 2022 14:14
Jakarta: Kedutaan Besar Inggris di Indonesia dan Kementerian Perhubungan bekerja sama dalam keberlanjutan transportasi rendah karbon. Karenanya Indonesia dan Inggris meluncurkan Future Cities: UK-Indonesia Low Carbon Partnership.
 
Program ini didukung oleh UK Partnerint for Accelerated Clikate Transition (UKPACT). 
 
"Program peningkatan kapasitas tiga tahun ini terdiri dari lima proyek yang bekerja di wilayah terpilih, yakni DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Sulawesi Selatan," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins di Jakarta, Selasa, 5 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program ini merupakan hasil konsultasi rinci antara Kedutaan Inggris dan Kemenhub. Tujuannya untuk merancang pendekatan multi-skala untuk transportasi rendah karbon yang akan membantu pengembangan kebijakan, pelaksanaan proyek dan proses konsultasi tingkat nasional.
 
Jenkins menyebutkan, ada dua cara utama dalam meningkatkan keberlanjutan transportasi di Indonesia.
 
"Pertama, dengan meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan transportasi," ucap Jenkins.
 
Baca juga: Lord Mayor of the City of London Kunjungi RI untuk Perkuat Kerja Sama
 
"Kedua, dengan lebih mengintegrasikan pengurangan emisi ke dalam perencanaan ini dan menunjukkan manfaat mobilitas berkelanjutan melalui proyek percontohan," sambungnya.
 
Ia berharap proyek-proyek yang sedang dikerjasamakan dapat menghasilkan koordinasi yang lebih baik antara perencanaan transportasi nasional dan sub-nasional.
 
"Saya harap peningkatan kapasitas pemerintah daerah untuk merancang dan memprioritaskan pengurangan emisi dalam perencanaan transportasi," terangnya.
 
Menurutnya, program ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga cara efektif untuk melawan perubahan iklim.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif