Warga India beraktivitas di ruas jalan yang tergenang banjir di kota Mumbai, Maharashtra, 16 Juli 2021. (INDRANIL MUKHERJEE / AFP)
Warga India beraktivitas di ruas jalan yang tergenang banjir di kota Mumbai, Maharashtra, 16 Juli 2021. (INDRANIL MUKHERJEE / AFP)

Bertambah Lagi, Korban Tewas Banjir India 136 Orang

Internasional India banjir bandang tanah longsor Banjir India
Willy Haryono • 24 Juli 2021 20:00
Maharashtra: Jumlah korban tewas dalam bencana banjir dan tanah longsor di Maharashtra, India, bertambah menjadi 136 orang. "Hingga tadi malam, total 136 orang meninggal dunia dalam insiden terkait hujan deras," kata Menteri Pemulihan dan Rehabilitasi Maharashtra, Vijay Wadettiwar, kepada Anadolu Agency, Sabtu, 24 Juli 2021.
 
Ia mengatakan situasi secara umum terkendali, dan semua upaya difokuskan pada pencarian dan penyelamatan korban banjir serta longsor.
 
Dari total 136 korban tewas, 44 di antaranya berasal dari distrik Raigad yang dilanda tanah longsor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami telah mengevakuasi 44 jasad korban, dan sekitar 50 orang masih terperangkap di lokasi bencana," kata Nidhi Choudhari, pejabat sipil senior di distrik Raigad.
 
Maharashtra dan beberapa negara bagian lain di India tengah dilanda musim hujan yang memicu banjir dan tanah longsor. Merespons musibah ini, Pemerintah India mengerahkan kekuatan militer untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan.
 
Baca:  110 Orang Tewas akibat Banjir dan Longsor di Maharashtra India
 
Menurut laporan Pasukan Respons Bencana Nasional India (NDRF), pihaknya telah mengerahkan 26 tim ke seantero Maharashtra. Puluhan tim disiagakan dalam mengantisipasi bencana susulan karena hujan deras terus mengguyur sepanjang pekan.
 
Angkatan Udara India juga mengerahkan tim dan peralatan bantuan, termasuk helikopter, untuk membantu NDRF.
 
Pekan kemarin, setidaknya 29 orang tewas akibat tanah longsor yang dipicu guyuran hujan deras di Mumbai, ibu kota dari negara bagian Maharashtra.
 
Perdana Menteri India Narendra Modi mengaku "terpukul atas hilangnya banyak nyawa" dalam bencana banjir dan longsor di Maharashtra. Ia berjanji akan menyalurkan bantuan ke semua warga terdampak.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif