Menlu Australia Penny Wong (kiri) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) di FMM G20, Bali./Kementerian Luar Negeri
Menlu Australia Penny Wong (kiri) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) di FMM G20, Bali./Kementerian Luar Negeri

Indonesia-Australia Satu Pandangan Cari Solusi Masalah Global Lewat G20

Marcheilla Ariesta • 07 Juli 2022 16:54
Jakarta: Australia menegaskan kembali dukungan mereka terhadap Presidensi Indonesia di G20. Keketuaan ini dijalankan Indonesia di tengah situasi yang tidak mudah.
 
Dukungan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong kepada Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral di Bali. Wong turut hadir dalam Foreign Minister Meeting (FMM) G20.
 
"Kedua Menlu sepandangan bahwa G20 harus terus bekerja agar tetap relevan dan mampu membantu mencari solusi atas berbagai permasalahan ekonomi global," kata Kementerian Luar Negeri dalam pernyataannya, Kamis, 7 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Menlu Tiongkok Singgung Penguatan Kerja Sama ASEAN dengan Menlu Retno
 
Kedua menlu juga menghadiri pertemuan forum MIKTA - Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia. Forum MIKTA akan dilakukan di Bali hari ini. 
Salah satu fokus pertemuan adalah untuk mencari solusi damai di Ukraina.
 
"?Dalam pertemuan telah dibahas juga mengenai situasi terkini di Myanmar. Keduanya sepakat mengenai pentingnya dialog nasional yang inklusif dan pentingnya mengembalikan demokrasi," kata Kemenlu.
 
Sebelum ke Indonesia, Wong melakukan perjalanan ke Singapura. Menurutnya, hubungan Australia dengan Singapura adalah salah satu hubungan yang paling dekat dan paling komprehensif di kawasan Asia Pasifik, dan bertumpu pada kepentingan strategis dan ekonomi bersama.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif