Bendera Taiwan. (AFP)
Bendera Taiwan. (AFP)

Delegasi Australia Akan Kunjungi Taiwan Minggu Besok, Untuk Apa?

Willy Haryono • 03 Desember 2022 09:33
Canberra: Sekelompok anggota parlemen federal Australia berencana terbang ke Taiwan pada hari Minggu besok untuk kunjungan selama lima hari. Tujuan dari kunjungan ini adalah menyampaikan keinginan Australia untuk menjaga perdamaian di Indo-Pasifik, lapor surat kabar The Australian pada Sabtu, 3 Desember 2022.
 
Rombongan dari Australia, terdiri dari anggota parlemen Partai Buruh dan koalisi oposisi Liberal-Nasional, adalah delegasi pertama dari Negeri Kanguru yang mengunjungi Taiwan sejak 2019.
 
Kunjungan delegasi Australia akan mencakup pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu. Lawatan ini telah mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perjalanan tersebut, dilaporkan dirahasiakan untuk menghentikan diplomat Tiongkok di Canberra untuk melobi pembatalannya, dikatakan juga mencakup pertemuan mengenai isu keamanan, perdagangan, pertanian, dan urusan pribumi.
 
Kemenlu Australia belum menanggapi permintaan konfirmasi atas laporan tersebut.
 
Kunjungan ke Taiwan, yang diklaim Tiongkok sebagai bagian dari wilayah Negeri Tirai Bambu, terjadi saat pemerintah Partai Buruh Australia yang baru saja terpilih telah bergerak untuk memperbaiki hubungan diplomatiknya dengan Beijing.
 
Australia telah berselisih dengan Tiongkok, mitra dagang terbesarnya, atas sengketa perdagangan dan asal mula pandemi Covid-19. Ketegangan ini terjadi di tengah meningkatnya kehadiran Tiongkok di Pasifik.
 
Bulan lalu, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese telah bertemu Presiden Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Indonesia. Pertemuan itu meningkatkan harapan akan hubungan bilateral yang lebih erat.
 
Kedutaan Besar Tiongkok di Australia tahun lalu mengecam mantan perdana menteri Australia Tony Abbott sebagai sosok "menyedihkan" setelah dirinya mengecam tekanan Tiongkok terhadap Taiwan. Abbot kala itu mengunjungi Taiwan dalam kapasitas pribadi.
 
Australia, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan. Tetapi Australia bergabung dengan Amerika Serikat dalam mengungkapkan keprihatinan mereka atas tekanan Tiongkok, terutama militer, terhadap Taiwan.
 
Baca: Australia Tegaskan Siap Bergabung dengan AS untuk Membela Taiwan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif