Sekjen PBB Antonio Guterres (kiri) mengunjungi area terdampak banjir di Larkana, Pakistan, 10 September 2022. (Muhammad DAUD / AFP)
Sekjen PBB Antonio Guterres (kiri) mengunjungi area terdampak banjir di Larkana, Pakistan, 10 September 2022. (Muhammad DAUD / AFP)

Banjir Pakistan: Sekjen PBB Antonio Guterres Kecam 'Pembantaian Iklim'

Willy Haryono • 11 September 2022 10:18
Karachi: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengunjungi beberapa daerah yang paling parah terdampak bencana banjir di Pakistan pada Sabtu, 10 September 2022.
 
Di hari kedua kunjungannya ini, Guterres mengunjungi distrik Sukkur di provinsi Sindh selatan dan Osta Mohammad di provinsi Baluchistan barat daya.
 
Sekjen PBB juga mengunjungi kamp-kamp pengungsi korban banjir di distrik Larkana, Sindh.

Apa yang dikatakan Guterres dalam kunjungan itu?

Guterres mengatakan sudah pernah melihat banyak musibah kemanusiaan di dunia, tetapi belum pernah "melihat pembantaian iklim dalam skala ini."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan apa yang saya lihat hari ini," kata Guterres kepada wartawan di Karachi, kota terbesar Pakistan dan ibu kota Sindh.
 
Ia mengatakan Pakistan membutuhkan "dukungan keuangan masif untuk mengatasi krisis ini," dengan menambahkan bahwa itu bukan masalah "kemurahan hati, tapi keadilan."
 
Sejak tiba di Pakistan pada Jumat kemarin, Guterres meminta dukungan internasional masif untuk Pakistan. Perkiraan awal menunjukkan kerugian akibat banjir di Pakistan mencapai USD30 miliar.
 
Sebelumnya, Guterres telah berulang kali menekankan pentingnya menyoroti isu perubahan iklim. Dalam kunjungannya ke Pakistan, Guterres menegaskan bahwa penting bagi kita semua "menghentikan kegilaan" dalam bermain-main dengan alam.
 
Guterres mengatakan bahwa PBB akan menggunakan sumber dayanya yang terbatas untuk membantu dan meminta "mereka yang memiliki kapasitas untuk mendukung Pakistan."
 
Komentar Guterres disampaikan usai ia menerima informasi dari kepala menteri provinsi Singh, Murad Ali Shah, mengenai skala kerusakan akibat banjir di wilayahnya.
 
Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif dan beberapa anggota kabinetnya turut menemani Guterres dalam mengunjungi area-area terdampak banjir.
 
Baca:  Sekjen PBB Kunjungi Area-Area Terdampak Banjir di Pakistan
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif