Warga berjalan di tengah banjir di Patna, Bihar, India, 30 September 2019. (Sachin KUMAR / AFP)
Warga berjalan di tengah banjir di Patna, Bihar, India, 30 September 2019. (Sachin KUMAR / AFP)

33 Orang Tewas dalam Terjangan Badai di Bihar India

Willy Haryono • 22 Mei 2022 09:18
Bihar: Setidaknya 33 orang tewas akibat terjangan badai dahsyat di negara bagian Bihar, India, pada Kamis kemarin. Kabar disampaikan media lokal pada Sabtu, 21 Mei 2022, dengan mengutip keterangan Kepala Menteri Bihar, Nitish Kumar.
 
Dikutip dari Xinhua, deretan rumah di seantero Bihar, terutama di distrik Katihar, rusak parah.
 
Kumar telah mengumumkan bahwa bantuan dana sebesar 400 ribu rupee akan diberikan kepada keluarga dari 33 korban tewas. Bantuan untuk membangun kembali rumah serta lahan pertanian yang rusak akibat badai juga akan diberikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perdana Menteri India Narendra Modi telah mengekspresikan kesedihan mendalam atas kematian akibat bencana alam di Bihar.
 
"Sangat terpukul saat mengetahui jumlah kematian akibat badai petir di beberapa distrik di Bihar," tulis PM Modi di Twitter.
 
"Otoritas lokal di bawah pengawasan pemerintah negara bagian secara aktif terlibat dalam upaya pemberian bantuan dan penyelamatan korban," sambungnya.
 
Beberapa hari lalu, lebih dari 500 ribu warga telah mengungsi dari tempat tinggal mereka di negara bagian Assam, India, yang tergenang banjir akibat guyuran hujan deras. Sejauh ini, tujuh orang dilaporkan tenggelam di beberapa titik banjir.
 
Otoritas Assam memperingatkan bahwa situasi dapat terus memburuk dalam beberapa hari ke depan.
 
Salah satu sungai terbesar di India, Brahmaputra, yang mengalir dari negara tersebut ke Bangladesh, meluap di wilayah Assam dalam tiga hari terakhir. Alhasil, lebih dari 1.500 desa pun terendam banjir.
 
Baca:  Setengah Juta Warga India Mengungsi dari Wilayah Banjir di Assam
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif