Lokasi tewasnya tiga perempuan saat pemberian bantuan uang. Foto: AFP
Lokasi tewasnya tiga perempuan saat pemberian bantuan uang. Foto: AFP

Berebut Bantuan Tunai Rp120 Ribu, 3 Warga Sri Lanka Tewas

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 22 Mei 2020 12:45
Colombo: Sebanyak tiga wanita diinjak-injak sampai mati karena berebut bantuan uang tunai sebesar USD8 atau sekitar Rp120 ribu di Colombo, Sri Lanka pada Kamis 21 Mei. Ini terjadi di tengah lockdown mencegah penyebaran virus korona.
 
Warga Sri Lanka putus asa untuk berjuang memenuhi kebutuhan selama penguncian virus korona yang telah menghancurkan ekonomi.
 
“Sekitar 1.000 orang antre di luar gudang pengusaha untuk membagikan tahunannya selama bulan Ramadan,” kata anggota parlemen lokal Mujibur Rahman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga saling berdesakan untuk bantuan uang sebesar 1.500 rupee. Jumlah ini sama dengan upah harian buruh dan massa langsung menyerbut ketika gerbang dibuka.
 
"Beberapa orang mencoba memecah antrean dan masuk," kata Rahman kepada AFP, Jumat, 22 Mei 2020.
 
"Saat itulah para wanita di puncak antrean jatuh dan terinjak-injak sampai mati,” imbuh Rahman.
 
Sembilan orang lainnya terluka parah dalam insiden ini dan dibawa ke rumah sakit. Menurut Rahman ada kerumunan yang lebih besar dari biasanya selama acara tahun ini, yang telah berlangsung selama beberapa dekade.
 
"Orang-orang tidak mendapatkan uang selama dua bulan karena lockdown akibat virus korona sejak 20 Maret. Mereka putus asa. Ketika mereka mendengar tentang sumbangan hari ini, lebih dari seribu muncul,” tutur Rahman.
 
Sementara pengusaha yang memberikan bantuan dan lima asistennya ditangkap karena melanggar lockdown, kata kepala kepolisian Kolombo Deshabandu Tennakoon kepada wartawan.
 
Penyaluran uang tunai pemerintah bulan ini juga memicu kekacauan di desa-desa. Masing-masing diberikan 5.000 rupee atau sekitar Rp317 ribu ke 5,14 juta keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan.
 
Colombo dan distrik tetangga ditutup, meskipun beberapa pembatasan virus telah dicabut di bagian lain Sri Lanka. Negara ini telah mencatat 1.045 infeksi termasuk sembilan kematian sejauh ini.
 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif