Warga Tiongkok antre tes covid-19./AFP
Warga Tiongkok antre tes covid-19./AFP

Tiongkok Minta WHO Bersikap Adil Melihat Kasus Covid-19 yang Meningkat

Marcheilla Ariesta • 05 Januari 2023 20:41
Beijing: Tiongkok meminta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengambil posisi 'adil' saat melihat kasus covid-19 di negara itu. Permintaan ini dilontarkan usai WHO mengkritik Beijing terkait yang diduga memanipulasi angka kematian covid-19.
 
Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan, statistik resmi tidak menunjukkan dampak sebenarnya dari wabah di Tiongkok. Padahal, laporan menyebutkan jika kasus telah melonjak setelah keputusan Beijing bulan lalu untuk tiba-tiba mencabut kontrol virus yang ketat selama bertahun-tahun.
 
"Tiongkok mempertahankan kerja sama yang erat dengan WHO. Kami selalu berbagi informasi dan data yang relevan dengan komunitas internasional dengan sikap terbuka dan transparan," kata juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning dalam konferensi pers, dilansir dari AFP, Jumat, 5 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: WHO Tegaskan Data Tiongkok Kurang Mewakili Dampak Wabah Baru Covid-19
 
"Kami berharap sekretariat WHO akan menjunjung tinggi posisi ilmiah, objektif dan adil, serta melakukan upaya untuk memainkan peran positif bagi tanggapan dunia terhadap tantangan pandemi," imbuhnya.
 
Tiongkok hanya mencatat 23 kematian akibat Covid sejak Desember dan secara dramatis mempersempit kriteria untuk mengklasifikasikan kematian. Hal ini berarti statistik Beijing tentang gelombang yang belum pernah terjadi sebelumnya sekarang secara luas dilihat tidak mencerminkan kenyataan.
 
Lebih dari selusin negara telah memberlakukan tes Covid wajib bagi pengunjung dari Tiongkok. Langkah ini dikecam Beijing sebagai "tidak dapat diterima.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif