Taj Mahal merupakan salah satu situs wisata paling terkenal di India. (Prakash Singh/AFP/File)
Taj Mahal merupakan salah satu situs wisata paling terkenal di India. (Prakash Singh/AFP/File)

Taj Mahal Kembali Dibuka Hari Ini

Internasional Virus Korona
Willy Haryono • 21 September 2020 09:10
New Delhi: Setelah ditutup selama enam bulan, masjid Taj Mahal di Agra dibuka kembali untuk pengunjung mulai hari ini, Senin 21 September 2020. Pihak pengelola menegaskan, Taj Mahal hanya akan menerima maksimal 5.000 pengunjung dalam satu hari.
 
Ini merupakan kali pertama Taj Mahal ditutup selama berbulan-bulan. Taj Mahal ditutup pada 17 Maret, sebelum Pemerintah India memberlakukan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) berskala nasional akibat kemunculan pandemi virus korona (covid-19).
 
Dikutip dari laman Hindustan Times, situs wisata Agra Fort juga akan dibuka kembali Senin ini. Namun kapasitas pengunjung dibatasi jauh lebih sedikit dari Taj Mahal, yakni hanya 2.500 per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seluruh monumen bersejarah di Agra selain Taj Mahal dan Agra Fort sudah dibuka untuk umum pada 1 September lalu. Taj Mahal dan Agra Fort mengalami penundaan pembukaan karena kedua situs itu berada dekat dengan sejumlah zona pengendalian covid-19.
 
Saat Taj Mahal dan Agra Fort dibuka nanti, turis yang ingin berfoto bersama harus menjaga jarak minimal 1,8 meter. Sementara untuk foto sendiri atau selfie diperbolehkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
Selama dalam situs wisata, pengunjung yang ingin membeli sesuatu hanya dibolehkan membayar dengan pembayaran non-tunai. Pemandu wisata hanya bisa beroperasi di Taj Mahal dan Agra Fort jika sudah mengantongi izin tertulis.
 
Taj Mahal akan tetap ditutup setiap Jumat dan Minggu. Sementara Agra Fort ditutup hanya hari Minggu.
 
Juli lalu, pemerintahan distrik Agra sempat menentang pembukaan kembali Taj Mahal karena saat itu muncul lonjakan kasus covid-19.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif