Para pendukung partai KMT berkumpul di Taipei, Taiwan, 26 November 2022. (Sam Yeh / AFP)
Para pendukung partai KMT berkumpul di Taipei, Taiwan, 26 November 2022. (Sam Yeh / AFP)

Taiwan Gelar Pilkada di Tengah Ketegangan dengan Tiongkok

Willy Haryono • 26 November 2022 19:44
Taipei: Taiwan telah selesai menggelar pemilihan umum kepala daerah (pilkada) pada Sabtu ini, 26 November 2022. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyebut pemilu lokal ini bertujuan mengirim pesan kepada dunia mengenai tekad pulau yang dipimpinnya dalam menghadapi tekanan Tiongkok.
 
Pilkada Taiwan, bertujuan memilih wali kota, bupati dan anggota penasihat lokal, berkutat seputar isu-isu domestik seperti pandemi Covid-19 dan angka kejahatan. Mereka yang terpilih tidak akan memiliki akses untuk berbicara seputar kebijakan Taiwan dalam menghadapi Tiongkok.
 
Namun Tsai mencoba menghadirkan pemilu yang lebih dari sekadar pemungutan suara lokal. Ia mengatakan bahwa dunia sedang melihat bagaimana Taiwan melindungi demokrasinya di tengah ketegangan militer dengan Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Taiwan sedang menghadapi tekanan eksternal yang kuat. Perluasan otoritarianisme Tiongkok menjadi tantangan bagi masyarakat Taiwan pada setiap harinya," ucap Tsai, dikutip dari laman voanews.com, Sabtu, 26 November 2022.
 
Tiongkok menggelar latihan militer di dekat Taiwan pada Agustus lalu untuk mengekspresikan kemarahan atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taipei. Aktivitas militer tersebut masih berlanjut hingga kini, walau skalanya berkurang.
 
Partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang atau KMT, menuduh pemerintahan Tsai terlalu mengedepankan konfrontasi dengan Tiongkok. KMT biasanya lebih cenderung dekat dengan Tiongkok, namun membantah keras jika dianggap pro-Beijing.
 
"Kami ingin dekat dengan Amerika Serikat, bersahabat dengan Jepang dan berdamai dengan daratan utama (Tiongkok). Biarkan Taiwan mendapatkan masa depan damai dan stabil," sebut Ketua KMT Eric Chu kepada para pendukungnya pada Jumat malam.
 
Hasil pemilu lokal Taiwan diperkirakan keluar pada Sabtu malam waktu setempat. Pemilu ini berlangsung satu bulan usai Kongres ke-20 Partai Komunis Tiongkok, di mana Presiden Xi Jinping resmi melaju ke periode ketiga.
 
Xi Jinping pernah menegaskan bahwa Taiwan suatu saat nanti akan digiring kembali ke daratan utama, dengan kekuatan militer jika memang diperlukan.
 
Baca:  Tiongkok Tak Banyak Ikut Campur Pilkada Taiwan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif