Ilustrasi penyitaan narkoba di Hong Kong./AFP
Ilustrasi penyitaan narkoba di Hong Kong./AFP

Banyak Banget! Hong Kong Sita 1,8 Ton Sabu Cair

Marcheilla Ariesta • 29 Oktober 2022 20:26
Hong Kong: Hong Kong melakukan penyitaan metamfetamin terbesar yang pernah ada setelah mengungkap pengiriman yang tiba dari Meksiko. Tercatat ada 1,8 ton sabu yang disembunyikan dalam karton berisi air kelapa.
 
Nilai sitaan itu mencapai 1 miliar dolar Hong Kong (setara Rp1,9 triliun). Paket itu rencananya akan dikirim ke Australia.
 
Pengiriman itu kemungkinan melibatkan jaringan perdagangan besar narkoba internasional. Mereka datang ketika pusat keuangan Tiongkok melihat peningkatan penangkapan narkoba yang melibatkan sabu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami percaya sabu cair dengan kemurnian tinggi ini berasal dari Amerika Selatan. Paket itu dikemas di sana dan dikirim melalui rute yang berbelit-belit ke Hong Kong untuk kemudian dilanjutkan ke Australia," ucap Kepala Penyelidikan Narkoba Biro Bea Cukai Hong Kong, Lee Ka-ming.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 29 Oktober 2022, belum ada penangkapan yang dilakukan.
 
Baca juga: Orang Tua, Kenali Tanda-Tanda Anak Mulai 'Berkawan' dengan Obat Terlarang
 
Selama setahun ini, Hong Kong menemukan dua kali lipat sabu dari jumlah tahun lalu. Hampir tiga ton disita pihak berwenang.
 
Pihak berwenang Hong Kong diperingatkan melalui pertukaran intelijen dengan penegak hukum di luar negeri tentang kemungkinan pengiriman sabu dalam jumlah besar yang tiba di kota itu.
 
"Air kelapa (pengiriman) dari Meksiko sangat langka, terakhir kali pada tahun 2016 dan beratnya hanya 6kilogram," kata pejabat bea cukai Fong Heung-wing.
 
Fong menambahkan, ukuran pengiriman juga membuatnya curiga.
 
Penggerebekan sabu terbesar sebelumnya di Hong Kong terjadi pada April lalu, ketika para pejabat menemukan 700 kilogram narkoba yang disembunyikan di peralatan industri dari Meksiko.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif