Aktivitas warga Hong Kong di tengah pandemi Covid-19. (AFP)
Aktivitas warga Hong Kong di tengah pandemi Covid-19. (AFP)

Covid-19 Masih Ada, Hong Kong Perpanjang Social Distancing hingga 5 Oktober

Medcom • 21 September 2022 10:31
Hong Kong: Pemerintah Hong Kong akan mempertahankan kebijakan menjaga jarak sosial (social distancing) yang masih berlaku saat ini hingga 5 Oktober mendatang. Perpanjangan dilakukan meski Hong Kong menyadari bahwa tingkat keseriusan pandemi Covid-19 sudah jauh menurun.
 
"Wabah telah stabil dan mulai menunjukkan kecenderungan penurunan. Tekanan pada sistem medis publik juga telah sedikit berkurang. Saat ini adalah saat yang kritis untuk lebih menstabilkan dan mengendalikan wabah ini," ujar pemerintah Hong Kong dalam sebuah pernyataan di situs laman mereka, seperti yang dikutip dari laman Channel News Asia, pada Rabu, 21 September 2022.
 
"Oleh karena itu, pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan social distancing saat ini, dalam siklus 14 hari lainnya," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Pemerintah Hong Kong juga membuat pernyataan bahwa masyarakat masih wajib memakai masker di transportasi publik dan tempat umum tertentu. Warga juga dilarang berkumpul lebih dari empat orang di tempat umum. Dengan diperpanjangnya social distancing, persyaratan ini tidak berubah.
 
Sementara itu, warga Hong Kong berusia 12 tahun ke atas harus menunjukkan bukti vaksinasi untuk dapat memasuki restoran, tempat perbelanjaan, supermarket, dan fasilitas olahraga.
 
Tidak sampai di situ, pemerintah juga terus mengingatkan masyarakat bahwa pengaturan izin vaksin akan berlaku untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai 30 September. Dengan aturan ini, mereka harus menerima setidaknya satu dosis vaksin baru sebelum dapat memasuki tempat yang mengharuskan adanya bukti vaksinasi.
 
Selasa lalu, Hong Kong berencana segera mengumumkan kebijakan karantina hotel Covid-19 untuk semua kedatangan. Hal ini dikarenakan pemerintah Hong Kong ingin menjaga kota semi-otonom itu tetap terhubung dengan dunia luar.
 
Pemimpin Hong Kong, John Lee, mengatakan dirinya sadar Hong Kong tetap perlu mempertahankan daya saingnya di level global. Ia juga mengaku ingin dapat segera menghadirkan berbagai acara dan kegiatan di Hong Kong. 
 
"Kami tahu persis ke arah mana kami harus menuju dan kami hanya ingin ingin konsisten saat bergerak ke arah tersebut," ujar Lee kepada wartawan. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca:  Hong Kong Segera Umumkan Perubahan Kebijakan Karantina Covid-19
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif