Warga mengantre untuk melakukan tes PCR di Beijing, Tiongkok, 20 November 2022. (Noel CELIS / AFP)
Warga mengantre untuk melakukan tes PCR di Beijing, Tiongkok, 20 November 2022. (Noel CELIS / AFP)

Beijing Catat Rekor Kasus Covid-19, Sekolah dan Restoran Ditutup

Willy Haryono • 22 November 2022 13:08
Beijing: Ibu kota Tiongkok, Beijing, mencatat rekor kasus harian Covid-19 pada Selasa, 22 November 2022. Lonjakan kasus terjadi di saat Beijing memperketat pembatasan pergerakan masyarakat, yang telah memicu penutupan sekolah, restoran, serta memaksa banyak karyawan bekerja dari rumah (WFH).
 
Lebih dari 28.000 infeksi baru Covid-19 tercatat di seantero Tiongkok pada Selasa ini, hampir mencapai rekor terbaru sejak awal pandemi. Provinsi Guangdong dan kota Chongqing mencatat masing-masing 16.000 dan 6.300 kasus.
 
Dikutip dari laman Al Arabiya News, kasus baru Covid-19 di Beijing juga melonjak dalam beberapa hari terakhir, dari 621 pada Minggu menjadi 1.438 hari Selasa ini. Angka tersebut merupakan rekor tersendiri bagi Beijing selama pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok masih bersikeras menerapkan kebijakan "Nol-Covid" dalam menangani pandemi Covid-19, yang meliputi penguncian (lockdown), tes massal dan karantina dalam skema terbatas.
 
Namun lonjakan kasus harian Covid-19 belakangan ini menguji kebijakan tersebut, di mana banyak pejabat enggan menerapkan lockdown berskala penuh seperti yang berlaku di Shanghai pada April lalu.
 
Lockdown berskala penuh dikhawatirkan dapat memukul perekonomian masyarakat di saat komunitas global sedang berangsur pulih dari pandemi.
 
Sementara itu, tiga orang lanjut usia di Beijing meninggal akibat Covid-19 sepanjang akhir pekan kemarin. Ketiganya adalah kematian pertama Covid-19 di Tiongkok sejak Mei lalu.
 
Walau Beijing sejauh ini menghindari penguncian berskala penuh, terdapat beberapa lockdown lokal di bangunan atau distrik tertentu. Masyarakat di area-area tersebut diwajibkan menjalani tes PCR jika ingin memasuki sebagian besar ruang publik.
 
Sepanjang akhir pekan kemarin, otoritas sejumlah wilayah di Tiongkok mengimbau warga untuk tetap berada di rumah dan menghindari bepergian ke wilayah lain
 
Banyak situs wisata, pusat kebugaran, dan taman bermain di Tiongkok telah ditutup belakangan ini. Acara-acara berskala besar seperti konser juga dibatalkan.
 
Baca:  Beijing Jadi Kota Mati Seiring Melonjaknya Kasus Covid-19
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif