Taiwan dianggap Tiongkok sebagai provinsi yang terpisah dan dapat disatukan kembali ke daratan utama suatu saat nanti. (AFP)
Taiwan dianggap Tiongkok sebagai provinsi yang terpisah dan dapat disatukan kembali ke daratan utama suatu saat nanti. (AFP)

Delegasi Prancis dan AS Kunjungi Taiwan Pekan Ini

Medcom • 07 September 2022 19:06
Taipei: Seorang delegasi dari lima anggota Parlemen Prancis serta grup lain dari Kongres Amerika Serikat (AS) akan mengunjungi Taiwan pekan ini. Kunjungan bertujuan memperlihatkan dukungan mereka kepada Taiwan di tengah ketegangan dengan Tiongkok.
 
Kunjungan delegasi asal Prancis ke Taiwan akan menjadi yang pertama dari benua Eropa. Lawatan ini akan berlangsung setelah sejumlah kunjungan dari delegasi AS -- termasuk Ketua DPR Nancy Pelosi -- yang memicu kemarahan Tiongkok.
 
Tiongkok menganggap Taiwan sebagai pulau yang terpisah dan suatu saat dapat ditarik kembali ke daratan utama -- dengan kekuatan militer jika memang diperlukan. Lawatan pejabat tinggi AS dan negara lain ke Taiwan dianggap Beijing sebagai bentuk penentangan terhadap kebijakan "Satu Tiongkok."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Delegasi Prancis tiba pada Rabu dan akan tinggal di sini sampai Senin mendatang. Mereka akan bertemu Wakil Presiden, bukan Presiden Tsai Ing-wen," ujar Menteri Luar Negeri Taiwan, dikutip dari laman Channel News Asia pada Rabu, 7 September 2022.
 
"Pertemuan antar delegasi ini akan dipimpin Wakil Rakyat (Senator) Cyril Pellevat," tambahnya. 
 
Selain itu, beberapa sumber mengatakan bahwa Perwakilan AS, Stephanie Murphy, seorang politikus Partai Demokrat dari Florida, akan memimpin delegasi politik lainnya dari DPR. Mereka juga tiba di Taiwan pada Rabu ini, dan akan tinggal sampai Jumat.
 
Selain Murphy, anggota lain dari delegasi AS adalah politikus Partai Demokrat Kaiali'i Kahele dan politisi Partai Republik, Scott Franklin, Joe Wilson, Andy Barr, Darrell Issa, Claudia Tenney dan Kat Cammack.
 
Sementara itu, Taiwan berusaha keras untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara demokrasi sepemikiran, terutama di saat ketegangannya dengan Tiongkok terus bertambah. Masih di tahun ini, Taiwan akan menyambut kedatangan delegasi dari Jerman, Inggris dan juga Kanada. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca:  Presiden Taiwan: Kemampuan Militer Kami Semakin Matang Berkat Tiongkok
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif