Menlu Jepang Toshimitsu Motegi. .(AFP)
Menlu Jepang Toshimitsu Motegi. .(AFP)

Menlu Jepang Toshimitsu Motegi Diproyeksikan Jadi Sekjen LDP

Willy Haryono • 02 November 2021 14:37
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dikabarkan hendak menjadikan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi sebagai sekretaris jenderal Partai Demokratik Liberal (LDP), sebuah posisi kuat dengan beragam tugas penting seperti merancang kebijakan serta mendanai kampanye pemilu.
 
Dikutip dari The Japan Times, Senin, 1 November 2021, Motegi akan menggantikan Akira Amari yang berencana mengundurkan diri usai kalah dalam pemilu Jepang pada hari Minggu kemarin.
 
Dikenal sebagai pembuat kebijakan yang handal serta memiliki hubungan baik dengan tokoh-tokoh penting seperti Shinzo Abe dan Taro Aso, Motegi dapat membantu PM Fumio Kishida dalam mempertahankan kekuasaannya di LDP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penunjukan formal Motegi sebagai sekjen PBB diproyeksikan berlangsung pada Kamis pekan ini.
 
Sekjen merupakan jabatan krusial di LDP, karena bertanggung jawab penuh atas pendanaan kampanye serta harus mampu menyatukan seluruh anggota partai agar selalu berada dalam satu barisan.
 
Senin kemarin, Motegi mengatakan kepada awak media bahwa salah satu tugas kuncinya sebagai sekjen baru LDP adalah mempersiapkan pemilu majelis atas parlemen Jepang yang diperkirakan berlangsung pada pertengahan 2022.
 
Sementara itu dalam pemilu Jepang pada akhir pekan kemarin, PM Kishida mematahkan banyak prediksi jajak pendapat dengan mempertahankan mayoritas LDP. Kemenangan dalam pemilu Jepang kemarin memperkuat posisi Kishida di LDP, dan memungkinkan dirinya mendorong berbagai agenda, termasuk stimulus di tengah pandemi Covid-19.
 
LDP meraih lebih sedikit kursi di majelis rendah parlemen Jepang dibanding pemilu 2017. Namun LDP tetap mempertahankan mayoritas satu partai, yang merupakan sebuah kemenangan besar bagi PM Kishida yang baru berkuasa satu bulan lalu.
 
Pemilu Jepang kemarin merupakan ujian besar bagi Kishida, yang harus dapat memulihkan citra LDP yang dinilai gagal menangani pandemi Covid-19.
 
Sesuai tradisi sayap kanan LDP, Kishida berusaha meningkatkan anggaran militer. Namun di waktu bersamaan, ia juga berjanji menangani masalah kesenjangan kekayaan masyarakat Jepang.
 
Baca:  Di Luar Dugaan, PM Jepang Fumio Kishida Berhasil Pertahankan Mayoritas LDP
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif