Penny Wong dilantik menjadi Menteri Luar Negeri Australia dalam sebuah seremoni di Canberra, 23 Mei 2022. (SAEED KHAN / AFP)
Penny Wong dilantik menjadi Menteri Luar Negeri Australia dalam sebuah seremoni di Canberra, 23 Mei 2022. (SAEED KHAN / AFP)

Senator Penny Wong Dilantik sebagai Menlu Baru Australia

Willy Haryono • 23 Mei 2022 12:27
Canberra: Senator Penny Wong resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri Australia pada Senin, 23 Mei 2022. Ia dilantik bersama deretan petinggi Partai Buruh Australia, termasuk Anthony Albanese yang menjadi perdana menteri baru menggantikan Scott Morrison.
 
Dalam masa kampanye menjelang pemilihan umum Australia, Wong mengatakan bahwa dirinya akan berusaha memperbaiki hubungan dengan Tiongkok jika Partai Buruh berhasil mengalahkan Partai Liberal.
 
Ia menekankan bahwa pemerintahan Partai Buruh tidak akan bermain-main dengan isu politik domestik yang berpotensi merusak hubungan dengan Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai dilantik, Wong ikut bersama PM Albanese untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Quad di Jepang. Keduanya akan bertemu jajaran petinggi dari Amerika Serikat (AS), Jepang dan India.
 
Sementara itu di Indonesia, Menlu Retno Marsudi mengucapkan selamat atas terpilihnya Penny Wong sebagai menlu baru Australia.
 
"Ucapan selamat yang hangat saya sampaikan kepada Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. Saya berharap kita dapat terus mendorong Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia," tulisnya via Twitter.
 
"Terima kasih kepada sahabat dan kolega saya, Marise Payne, atas persahabatan dan kerja sama selama ini," ungkapnya, merujuk pada menlu Australia sebelum Penny Wong.
 
Baca:  Anthony Albanese, Aktivis Kelas Pekerja yang Menjadi PM Australia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif