Bendera Korea Utara berkibar di salah satu gedung kedutaan besar. (AFP)
Bendera Korea Utara berkibar di salah satu gedung kedutaan besar. (AFP)

Dukung Rusia, Korut Tuduh AS Buat Lab Senjata Biologis di Ukraina

Marcheilla Ariesta • 24 Juli 2022 15:05
Pyongyang: Korea Utara (Korut) menuduh Amerika Serikat (AS) membuat senjata biologis di Ukraina. Mereka menggemakan klaim Rusia mengenai lab biologis, yang telah ditolak oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Maret lalu.
 
Februari lalu, Korut mengatakan bahwa kebijakan AS adalah 'akar penyebab krisis Ukraina.' Bulan ini, Pyongyang menyatakan dukungannya kepada Moskow dengan secara resmi mengakui dua wilayah separatis pro-Rusia yang memproklamirkan diri di Ukraina timur.
 
Langkah tersebut mendorong Kiev untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Korut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Amerika Serikat mendirikan banyak laboratorium (senjata) biologis di puluhan negara dan wilayah, termasuk Ukraina, dengan mengabaikan perjanjian internasional," kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), dikutip AFP, Minggu, 24 Juli 2022.
 
Moskow pada Maret lalu menuduh Washington mendanai penelitian pengembangan senjata biologis di Ukraina. Negeri Paman Sam dan sekutu Ukraina membantah keberadaan laboratorium yang dimaksudkan untuk memproduksi senjata biologis di Ukraina.
 
AS mengatakan, tuduhan itu adalah tanda bahwa Moskow mungkin menggunakan taktik semacam itu sendiri.
 
Izumi Nakamitsu, Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Perlucutan Senjata PBB, juga mengatakan bahwa PBB 'tidak mengetahui adanya program senjata biologis di Ukraina.'
 
Baca:  Inggris Sebut Semua Opsi akan Dibahas Jika Rusia Gunakan Senjata Kimia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif