Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams (empat kanan) dalam kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur, 4-7 Desember 2021. (Kedutaan Besar Australia)
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams (empat kanan) dalam kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur, 4-7 Desember 2021. (Kedutaan Besar Australia)

Dubes Australia Penny Williams Kunjungi Sejumlah Pabrik di Jawa Timur

Internasional Australia indonesia-australia Penny Williams Jawa Timur
Willy Haryono • 08 Desember 2021 16:37
Surabaya: Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Jawa Timur minggu ini, 4-7 Desember 2021.
 
Selama di Surabaya, Dubes Williams bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Emil Elistianto Dardak, Wali Kota Surabaya, Bapak Eri Cahyadi dan Wakapolda Jawa Timur Brigadir Jenderal Polisi Dr Slamet Hadi Supraptoyo, serta anggota Dewan Bisnis Indonesia Australia di Jawa Timur, pengusaha perempuan, alumni Australia dan pemimpin bisnis.
 
"Jawa Timur dan Australia telah menikmati hubungan bisnis dan hubungan antar masyarakat yang kuat selama beberapa dekade. Dan saat kami memperingati ulang tahun ke-31 Provinsi Kembar antara Jawa Timur dan Australia Barat – dua kekuatan ekonomi penting – hubungan kami lebih kuat dari sebelumnya," kata Duta Besar Williams, dalam keterangan tertulis Kedubes Australia yang diterima Medcom.id, Rabu, 8 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Jawa Timur, Dubes Williams mengunjungi beberapa pabrik di Pasuruan dan melihat langsung bagaimana investasi Australia menciptakan lapangan kerja dan membawa keahlian mereka ke wilayah tersebut.
 
"Sungguh luar biasa melihat begitu banyak kemitraan bisnis Australia-Indonesia yang sukses dan saya berharap dapat melihat lebih banyak investor Australia membangun operasi di Jawa Timur di masa depan," ungkapnya.
 
Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) yang mulai berlaku tahun lalu memberikan kepastian bagi investor dari kedua negara. “Kami sudah melihat lebih banyak minat dari investor Australia di sektor-sektor seperti pendidikan dan energi terbarukan – yang mana hal ini sangat saya dukung dan anjurkan," tutur Dubes Williams.
 
Ia juga menjelaskan kepada pengusaha lokal di Surabaya tentang bagaimana IA-CEPA telah menghapus tarif di Australia untuk semua barang dari Indonesia, sehingga memberikan keunggulan produk Indonesia dibandingkan produk yang dibuat di negara lain. Ekspor utama dari Jawa Timur ke Australia termasuk produk kayu, makanan laut serta kertas dan karton.
 
Selain itu, Dubes Williams juga menjelaskan tentang Katalis, sebuah program baru yang diluncurkan oleh pemerintah Australia dan Indonesia pada bulan Juli untuk membantu bisnis di kedua negara memanfaatkan peluang yang diciptakan oleh IA-CEPA. Dengan fokus khusus pada pangan pertanian, manufaktur dan layanan canggih.
 
Katalis mendukung bisnis dengan mengidentifikasi peluang akses pasar di kedua negara, serta bekerja sama dengan industri untuk mengidentifikasi kebutuhan keterampilan dan menemukan penyedia pelatihan Australia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
 
"Saya senang bertemu dengan investor dan perusahaan Australia yang menggunakan bahan dari Australia untuk memproduksi produk berkualitas di Jawa Timur. IA-CEPA membantu mendorong lebih banyak lagi kemitraan seperti ini," kata Dubes Williams.
 
Baca:  Perdalam Kerja Sama, Dubes Australia Penny Williams Kunjungi Sulawesi Selatan
 
Saat bertemu dengan Wakil Gubernur Dardak, Duta Besar Williams menyampaikan dukacita Australia kepada keluarga dan masyarakat yang terkena dampak letusan Gunung Semeru pada Sabtu 4 Desember. "Doa kami bersama masyarakat Jawa Timur pasca-erupsi Gunung Semeru. Sebagai teman dekat dan mitra, kami bersama Indonesia di masa yang sulit ini," sebut Dubes Williams.
 
Selama perjalanan empat hari ke Kota Pahlawan, Dubes Williams juga mengunjungi situs budaya bersejarah termasuk makam dan masjid Sunan Ampel yang terkenal dan bekas rumah WR Soepratman, penggubah lagu kebangsaan Indonesia.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif