Menlu Retno Marsudi tekankan East Asia Summit jadi kekuatan positif stabilitas dan perdamaian kawasan. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi tekankan East Asia Summit jadi kekuatan positif stabilitas dan perdamaian kawasan. Foto: Dok.Kemenlu RI

Menlu: Rivalitas Tidak Menguntungkan Siapapun

Internasional ktt asean asean menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 10 September 2020 05:10
Jakarta: Indonesia menekankan tiga hal dalam pertemuan East Asia Summit (EAS) yang digelar secara virtual pada Rabu, 9 September 2020. Salah satu penekanan Indonesia adalah EAS harus menjadi kekuatan positif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.
 
"Indonesia juga menyerukan pentingnya semua pihak menghormati hukum internasional, tidak menggunakan kekerasan dan menyelesaikan masalah secara damai," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual.
 
"Indonesia menekankan bahwa rivalitas tidak akan menguntungkan siapapun," tegasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno menambahkan, Indonesia justru mendorong agar energi yang ada difokuskan untuk meningkatkan kerja sama, termasuk melalui ASEAN Outlook on the Indo Pacific.
 
Hal kedua yang disampaikan Indonesia adalah EAS harus memberi kontribusi bagi upaya meningkatkan resiliensi kesehatan kawasan. Untuk jangka pendek, hal tersebut dapat diterjemahkan melalui jaminan akan akses terhadap vaksin yang aman, dan dengan harga terjangkau.
 
Retno menambahkan kerja sama di bidang vaksin terbuka, mengingat banyak negara EAS yang terlibat dalam pengembangan vaksin.
 
"EAS harus tetap relevan dan efektif dalam merespons tantangan kawasan dan dunia. EAS harus menjadi bagian dari solusi," tuturnya.
 
Hal yang ketiga, yakni mengenai isu Laut China Selatan. Retno dengan tegas menekankan kembali pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982.
 
"Indonesia menyampaikan hanya dengan menghormati hukum internasional, maka Laut China Selatan akan menjadi laut yang damai dan stabil," tegasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif