Para menteri luar negeri anggota G20 dan mitranya dilaporkan hadir secara fisik di FMM G20 Bali pada 7-8 Juli mendatang./AFP
Para menteri luar negeri anggota G20 dan mitranya dilaporkan hadir secara fisik di FMM G20 Bali pada 7-8 Juli mendatang./AFP

Mayoritas Menlu Hadir Secara Fisik di FMM G20 Pekan Depan

Marcheilla Ariesta • 30 Juni 2022 14:35
Jakarta: Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani mengatakan, seluruh menteri luar negeri anggota G20 sudah menyatakan berpartisipasi dalam pertemuan Foreign Minister Meeting (FMM) G20 di Bali pekan depan. Mayoritas hadir secara fisik.
 
"Yang pasti mayoritas datang in person (secara fisik)," ucap Trian dalam pembaruan pers secara virtual, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Trian mengatakan, semua negara yang diundang sudah melakukan registrasi. "Tunggu kedatangan mereka," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, tidak bisa mengungkapkan nama dan negara para menlu yang hadir dengan alasan keamanan.
 
Ditanya mengenai kehadiran Menlu Ukraina Dmytro Kuleba, Trian menjawab, undangan sudah diberikan.
 
Baca juga: Zelensky Sebut Partisipasi Ukraina dalam KTT G20 Tergantung Situasi Keamanan
 
"Tetapi kita masih menunggu apakah kehadirannya dalam bentuk virtual atau physical," serunya.
 
FMM G20 akan dilaksanakan pada 7-8 Juli di Bali. Dalam pertemuan ini, para menlu akan membahas dinamika perkembangan yang terjadi secara global dan yang sedang dihadapi dunia saat ini.
 
Trian menjelaskan, seperti sudah menjadi tradisi FMM G20 sebelumnya, tidak akan ada dokumen yang dihasilkan dalam pertemuan para menlu. Menurutnya, karena pembahasannya meluas pada berbagai isu.
 
"Tidak akan menghasilkan outcome yang negotiated text. Kita mengikuti tradisi sebelumnya. Tapi, pertemuan ini akan dimanfaatkan para menlu untuk membahas berbagai isu, baik dalam pertemuan (grup) atau bilateral resmi," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif