Kendaraan yang membawa mantan PM Malaysia Najib Razak ke penjara. Foto: AFP
Kendaraan yang membawa mantan PM Malaysia Najib Razak ke penjara. Foto: AFP

Pihak Berwenang Malaysia Bantah Beri Perlakuan Khusus ke Najib Razak

Medcom • 25 Agustus 2022 12:52
Kuala Lumpur: Departemen Penjara Malaysia membantah rumor mengenai pemberian perlakuan khusus VIP untuk narapidana tertentu. Hal ini terkait dugaan pilih kasih kepada mantan Perdana Menteri Najib Razak.
 
Dalam sebuah postingan Facebook pada Rabu, 24 Agustus 2022, Departemen Penjara Malaysia mengonfirmasi bahwa foto yang menggambarkan sel penjara – yang berisikan rak, tiga buah kasur, dan meja, adalah palsu.
 
“Hentikan penyebaran informasi yang tidak benar,” tulis departemen penjara dalam postingan Facebooknya, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 25 Agustus 2022.
 
Baca: Eks PM Malaysia Ajukan Banding Tahap Akhir di Sidang 1MDB.

Berdasarkan pencarian gambar di Google menjelaskan bahwa foto kamar tersebut ialah foto sel penjara yang baru saja diperbaharui di penjara Champ-Dollon, Swiss.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak – yang gagal dalam pengajuan banding terakhirnya di Pengadilan Federal terkait hukuman 1MDB pada Selasa, telah diperintahkan untuk menjalani masa penahanannya sesegera mungkin. Ia dibawa ke Penjara Kajang pada hari yang sama.
 
Pengadilan menegaskan keputusannya dengan penjatuhan hukuman kurungan penjara selama 12 tahun akibat penyalahgunaan RM42 juta atau sekitar Rp139 miliar yang merupakan dana milik SRC International, unit terdahulu dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB).
 
Media sosial digemparkan dengan berbagai komentar yang bertanya-tanya bagaimana perlakuan yang akan didapatkan Najib selama di penjara.
 
Dalam sebuah unggahan Facebook menuduh bahwa narapidana VIP dapat mengakses TV, Internet, Air-Conditioner, dan “kasur berkualitas tinggi,” dengan sokongan makanan yang lebih mahal dibandingkan narapidana lainnya.
 
Unggahan tuduhan tersebut kemudian diunggah kembali oleh beberapa akun dan laman Facebook lainnya.
 
Departemen Penjara mengatakan kepada portal berita Free Malaysia Today bahwa Najib tidak akan diberikan perlakuan khusus.
 
Mereka menekankan bahwa semua narapidana akan diperlakukan dengan setara.
 
Sementara itu, polisi telah meningkatkan pengamanan dan pengawasan di sekitar Penjara Kajang yang terletak 33 kilometer selatan dari Kuala Lumpur.
 
Pada Selasa malam, Kepala Kepolisian wilayah Kajang, Mohd Zaid Hassan mengatakan kepada kantor berita Bernama bahwa sejauh ini area di sekitar penjara telah terkendali, meskipun ia tidak memberikan rincian berapa banyak personel kepolisian yang telah dikerahkan ke area tersebut. (Gracia Anggellica)

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif