Guru Besar UI Hikmahanto Juwana. (MI/ Immanuel Antonius)
Guru Besar UI Hikmahanto Juwana. (MI/ Immanuel Antonius)

Kemenlu RI Diimbau Panggil Dubes Inggris Terkait Pengibaran Bendera LGBT

Willy Haryono • 21 Mei 2022 19:47
Jakarta: Kedutaan Besar Inggris di Jakarta telah memicu kontroversi usai mengibarkan bendera pelangi yang merupakan simbol dari kelompok lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) beberapa hari lalu. Pengibaran bendera tersebut dinilai tidak menghormati Indonesia sebagai negara tuan rumah.
 
Menurut Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Kementerian Luar Negeri perlu segera memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, untuk menjelaskan seputar kontroversi tersebut.
 
"Tidak cukup Kedubes Inggris sekadar menurunkan bendera LGBT, mengingat telah dimunculkan oleh media dan mengundang berbagai komentar negatif atas pengibaran bendera tersebut," sebut Hikmahanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 21 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemanggilan oleh Kemenlu bertujuan untuk meredam kegaduhan," sambung Rektor Universitas Jenderal A Yani itu.
 
Menurut Hikmahanto, pemanggilan perlu dilakukan sesegera mungkin mengingat kegaduhan telah dimulai. Pemanggilan ini, lanjutnya, merupakan jawaban kepada publik Indonesia bahwa pemerintah tidak melakukan pembiaran terhadap Kedubes asing yang tidak menghormati nilai-nilai di Tanah Air.
 
"Bila telah dipanggil, Kemenlu perlu menyampaikan kepada publik melalui media massa. Dengan demikian, kegaduhan tidak akan berlanjut," pungkasnya.
 
Melalui akun Instagram, Kedubes Inggris di Jakarta mengumumkan pengibaran bendera LGBT dalam rangka memperingati Hari Internasional terhadap Homophobia, Biphobia, dan Transphobia (IDAHOBIT). Peringatan ini, kata pihak Kedubes Inggris, digelar untuk menyuarakan bahwa semua orang di dunia ini adalah satu keluarga besar manusia.
 
Baca:  Kedubes Inggris di Jakarta Kibarkan Bendera LGBT
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif