"Pertemuan tatap muka dengan WNI di Chiang Mai ini patut disyukuri, karena telah diterapkan kebijakan relaksasi setelah pembatasan pergerakan sejak peningkataan kasus Covid-19 gelombang 2 dan 3 di Thailand," kata Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman.
Di samping itu, Dubes Rachmat juga menyampaikan bahwa KBRI Bangkok terus berinovasi dan meningkatkan kemudahan pelayanan bagi WNI di Thailand antara lain melalui layanan pembuatan paspor jemput bola, pelayanan secara online serta pembayaran PNBP secara non tunai.
Inovasi tersebut merupakan bagian dari upaya KBRI Bangkok untuk menjadi salah satu instansi pemerintah dengan status zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.
"Untuk itu kami juga mengharapkan kritik dan masukan dari WNI untuk perbaikan ke depan, termasuk apabila WNI mengetahui adanya praktik-praktik korupsi atau pungli, silakan dilaporkan karena KBRI Bangkok sudah mendeklarasikan komitmen untuk mewujudkan wilayah birokrasi yang bersih melayani." kata Dubes Rachmat, dalam keterangan di situs Kemenlu RI, Selasa, 12 Oktober 2021.
Selain pelayanan konsuler, kegiatan outreach kali ini juga dilengkapi dengan pendaftaran sertifikat vaksin luar negeri, sosialisasi mekanisme perjalanan kembali ke Indonesia serta peraturan hukum terkait dengan kejahatan siber.
Baca: Pengusaha Thailand Didorong Manfaatkan Kemudahan Investasi di Indonesia
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News