Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian. (Medcom.id/Hariyanti)
Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian. (Medcom.id/Hariyanti)

Indonesia-Tiongkok Torehkan Banyak Prestasi dalam 70 Tahun Terakhir

Internasional asean tiongkok indonesia-tiongkok asean-tiongkok
MetroTV • 11 November 2020 14:49
Jakarta: Dalam 70 tahun terakhir, perkembangan hubungan Indonesia-Tiongkok telah menorehkan prestasi yang luar biasa. Salah satu contohnya adalah, pada 1955, Tiongkok-Indonesia dan negara-negara Asia Afrika bersama-sama mencetuskan "Semangat Bandung" untuk hidup berdampingan secara damai dan mencari titik temu sekaligus menjaga perbedaan.
 
"Semangat ini menjadi prinsip penting yang melandasi hubungan antar negara, dan terus berlanjut hingga saat ini," ucap Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian dalam wawancara khusus bersama Metro Xinwen pada awal November 2020.
 
Suka duka dilewati Indonesia dan Tiongkok dalam 70 tahun terakhir, termasuk saat terjadinya krisis keuangan di Asia Tenggara pada penghujung abad lalu. Krisis itu telah berdampak terhadap Tiongkok, Indonesia dan beberapa negara ASEAN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada masa sulit tersebut, lanjut Dubes Xiao, Indonesia dan Tiongkok saling membantu dalam mengatasi kesulitan bersama-sama.
 
"Dan kini waktu telah memasuki abad baru. Hubungan Indonesia-Tiongkok juga telah mencapai lompatan perkembangan bilateral, yang tidak terbatas pada bidang tertentu di masa lalu, melainkan terus dikembangkan di semua bidang," sebut Dubes Xiao.
 
Dalam urusan internasional dan regional, kedua negara bersama-sama menjaga sistem internasional dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai intinya. Indonesia dan Tiongkok juga bersama-sama mempertahankan multilateralisme dan perdagangan bebas, serta menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.
 
Bisa dikatakan bahwa perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia telah membawa manfaat nyata bagi kedua negara dan rakyatnya.
 
Baca:Hubungan Indonesia-Tiongkok Justru Menguat di Tengah Pandemi
 
"Selain itu, Indonesia juga mengalami kemajuan yang mengagumkan. Saya sudah bekerja di Indonesia selama 22 tahun, dari segi sejarah, perkembangan Indonesia dalam 20 tahun terakhir benar-benar mengesankan," sebut Dubes Xiao.
 
"Saat ini Indonesia sedang berjuang untuk mewujudkan cita-cita pembangunan tahun 2045, di mana kekuatan komprehensif Indonesia ditargetkan mencapai 5 besar dunia. Kami juga berharap Indonesia dapat merealisasikan cita-cita tersebut," pungkasnya.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif