Deretan pulau Paracel di Laut China Selatan. (AFP)
Deretan pulau Paracel di Laut China Selatan. (AFP)

Filipina-Tiongkok Sepakati Eksplorasi Bersama Laut China Selatan

Internasional laut china selatan tiongkok filipina
Marcheilla Ariesta • 19 Oktober 2020 15:15
Manila: Tiongkok dan Filipina mencapai kesepakatan mengenai eksplorasi bersama sumber daya minyak dan gas di Laut China Selatan. Pernyataan ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Jumat, 16 Oktober.
 
Kesepakatan terjadi setelah Presiden Filipina Rodrigo Duterte, atas rekomendasi Departemen Energi, mencabut moratorium eksplorasi minyak dan gas di Laut Filipina Barat (Laut China Selatan yang diklaim Filipina) yang kaya sumber daya.
 
"Tiongkok dan Filipina telah mencapai konsensus tentang eksplorasi bersama sumber daya minyak dan gas di Laut China Selatan, dan menyiapkan mekanisme konsultasi dan kerja sama yang relevan," kata juru bicara Kemenlu Tiongkok, Zhao Lijian, dilansir dari Philippines Star, Minggu, 18 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap kedua pihak akan bekerja sama untuk kemajuan baru dalam eksplorasi bersama," imbuhnya.
 
Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr. melakukan perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri sejak pandemi covid-19. Ia melakukan perjalanan ke Tiongkok dan melakukan bilateral dengan mitranya.
 
Dalam pernyataan Kemenlu Filipina pada 10 Oktober lalu, diungkapkan bahwa Locsin dan Menlu Tiongkok Wang Yi membahas prioritas inisiatif kerja sama politik dan bilateral ekonomi'.
 
Menteri Energi Filipina, Alfonso Cusi mengeluarkan pemberitahuan 'resume-to-work' kepada kontraktor layanan di bidang kontak layanan (SC) 59, 72, dan 75 di Laut Filipina Barat.
 
"Pencabutan penangguhan menempatkan kontraktor jasa di bawah kewajiban hukum untuk memasukkan modal ke dalam wilayah kontrak dan mempekerjakan insinyur Filipina dan pekerja teknis untuk melanjutkan eksplorasi," kata Cusi.
 
Ia menekankan pencabutan larangan akan menanamkan investasi asing langsung yang menyegarkan ekonomi. Usai pengumuman tersebut, saham pertambangan dan minyak di Filipina melonjak.
 
Baca:Filipina Akui Tak Sanggup Lawan Tiongkok di Laut China Selatan
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif