Malaysia umumkan kasus perdana varian Omicron./AFP
Malaysia umumkan kasus perdana varian Omicron./AFP

3 Negara Tetangga Indonesia Umumkan Kasus Pertama Varian Omicron, Mana Saja?

Sri Yanti Nainggolan • 03 Desember 2021 17:58
Jakarta: Makin banyak negara yang mengumumkan temuan kasus pertama varian Omicron. Bahkan, negara-negara dekat Indonesia pun sudah kemasukan varian terbaru virus covid-19 ini. 
 
Tiga negara tetangga Indonesia yang sudah mengumumkan kasus pertama varian Omicron adalah Singapura, Australia, dan Malaysia. Temuan kasus ditemukan baru-baru ini. 
 
Berikut detail penemuan kasus pertama varian Omicron di tiga negara tetangga Indonesia. 

1. Australia konfirmasi kasus pertama varian Omicron 28 November 2021

Australia mengonfirmasi kemunculan dua kasus perdana varian Omicron pada Minggu, 28 November 2021. Konfirmasi dilakukan di hari yang sama saat Jerman melaporkan kemunculan dua infeksi varian Omicron di negara bagian Bavaria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Australia Laporkan Kasus Varian Omicron Pertama yang Ditularkan Secara Lokal
 
Dilansir dari TASS, Kementerian Kesehatan New South Wales (NSW) mengatakan bahwa dua individu terinfeksi varian Omicron ini tiba di Sydney dari Afrika Selatan pada Sabtu malam.
 
Kedua individu yang tak disebutkan namanya itu diketahui telah menjalani vaksinasi lengkap dua dosis. Mereka kini sedang menjalani isolasi dengan pengawasan medis.

2. Singapura laporkan kasus pertama varian Omicron 2 Desember 2021

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) melaporkan dua kasus impor varian Omicron pada Kamis, 2 Desember 2021. Dilansir dari The Straits Times, kedua kasus diisolasi setibanya di Singapura pada Rabu, 1 Desember 2021.
 
Kedua kasus tiba dari Johannesburg, Afrika Selatan, dengan penerbangan Singapore Airlines SQ479 pada Rabu, 1 Desember 2021. 
 
Jalur pemeriksaan covid-19 di Bandara Changi di Singapura. Foto: The Straits Times
Jalur pemeriksaan covid-19 di Bandara Changi di Singapura. Foto: The Straits Times
 
Kasus pertama adalah penduduk tetap Singapura, 44, yang melakukan perjalanan dari Mozambik dan transit di Johannesburg. Kasus kedua adalah seorang perempuan Singapura, 41, yang melakukan perjalanan dari Afrika Selatan. 
 
Kedua kasus saat ini tengah dalam pemulihan di bangsal isolasi di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID). Mereka telah divaksinasi lengkap, dan memiliki gejala ringan batuk dan tenggorokan gatal.

3. Malaysia umumkan kasus pertama varian Omicron 3 Desember 2021

Malaysia mengumumkan kasus pertama covid-19 varian Omicron. Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan, kasus pertama ini ditemukan pada seorang warga negara asing berusia 19 tahun yang tiba dari Afrika Selatan melalui Singapura pada 19 November lalu.
 
"Dia seorang mahasiswa di sebuah universitas swasta di Ipoh, Perak. Pasien sudah menjalani tes RT-PCR covid-19 saat tiba di pintu masuk internasional Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA)," kata Khairy, dalam pernyataan Kementerian Kesehatan Malaysia yang diterima Medcom.id, Jumat, 3 Desember 2021.
 
Baca: Malaysia Umumkan Kasus Perdana Covid-19 Varian Omicron
 
Kasus pertama ini menjalani karantina wajib yang diakomodasi oleh universitas di Ipoh. Perjalanan kasus dari KLIA ke Ipoh menggunakan bus yang disediakan khusus oleh universitas. 
 
"Kasus dikarantina sendiri di penginapan dan berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, ia mematuhi perintah yang dikeluarkan," ucap Khairy.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif