PM Palestina Mohammed Shtayyeh saat berbicara kepada awak media di Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)
PM Palestina Mohammed Shtayyeh saat berbicara kepada awak media di Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2022. (Medcom.id / Marcheilla Ariesta)

PM Mohammed Shtayyeh: Indonesia Bukan Mediator, Tapi Pendukung Palestina

Marcheilla Ariesta • 25 Oktober 2022 18:18
Jakarta: Hubungan Indonesia dan Palestina terjalin erat dari waktu ke waktu. Menurut Palestina, Indonesia tidak bisa hanya menjadi mediator dalam menyelesaikan konflik berkepanjangan dengan Israel.
 
"Saya yakin Indonesia akan berdiri kokoh untuk hak-hak Palestina. Yang kita butuhkan dari Indonesia bukanlah menjadi penengah," kata Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh kepada media di Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2022.
 
"Dan Indonesia tidak akan menjadi penengah, dan Indonesia dalam hal ini berada di pihak Palestina. Dan Indonesia berada di sisi perdamaian dan keadilan bagi Palestina," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Shtayyeh mengatakan, selama ini Eropa telah menjadi penengah antara Palestina dan Israel. Untuk waktu yang lama, Amerika Serikat (AS) juga menjadi penengah antara Palestina dan Israel.
 
"Masalahnya bukan tentang mediasi, masalahnya adalah tentang niat. Israel memiliki semua niat untuk tidak mengakhiri pendudukan," ungkap PM Shtayyeh.
 
Ia menegaskan kembali bahwa Indonesia bukanlah mediator. Menurut PM Shtayyeh, Indonesia selalu memperjuangkan hak-hak Palestina agar bisa menjadi negara merdeka dan negara berdaulat.
 
"Ini adalah apa yang kami dengar dari Presiden (Joko Widodo), dan saya berterima kasih padanya untuk itu," ungkapnya.
 
Masih menurut PM Shtayyeh, setiap pengakuan dari pihak tertentu untuk Israel adalah dorongan bagi Negeri Zionis itu untuk membunuh lebih banyak orang Palestina.
 
"Jadi, Israel harus dihukum, dan tidak boleh diakui saat ini," pungkasnya.
 
Baca:  Potret Kedekatan Jokowi dan PM Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif