NEWSTICKER
Acara tabligh akbar di Malaysia pada 27 Februari hingga 1 Maret lalu, ditengarai jadi penyebaran virus korona. Foto: The Star
Acara tabligh akbar di Malaysia pada 27 Februari hingga 1 Maret lalu, ditengarai jadi penyebaran virus korona. Foto: The Star

Vietnam Umumkan Kasus Kedua Korona Terkait Tabligh di Malaysia

Internasional vietnam Coronavirus virus corona Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 18 Maret 2020 17:58
Hanoi: Vietnam mengonfirmasi satu kasus tambahan korona virus yang terkait dengan acara tabligh akbar di Malaysia. Menurut Kementerian Kesehatan Vietnam, ini adalah kasus kedua yang terkait dengan kegiatan keagamaan tersebut.
 
Baca: Malaysia Umumkan Dua Orang Meninggal Akibat Korona.
 
"Pasien 67 menghadiri pertemuan 16.000 orang di masjid Kuala Lumpur dan merupakan pasien kedua di Vietnam yang terkait dengan acara tersebut," kata Kementerian Kesehatan Vietnam, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 18 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, sebanyak 67 kasus virus korona dikonfirmasi di Vietnam. Selain itu, desa asal pasien ke-67 ini juga sudah dikunci selama 28 hari sejak Selasa 17 Maret malam.
 
Vietnam pada Selasa lalu mengumumkan akan menangguhkan masalah visa baru untuk semua warga negara asing. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus korona di negara Asia Tenggara.
 
"Pemerintah melihat kebijakan penangguhan visa sebagai langkah efektif untuk menghambat penyebaran birus yang cepat, mengingat banyak negara sekarang berisiko tinggi terinfeksi," demikian laporan surat kabar pemerintah Nhan Dan.
 
"Ini bersifat sementara. Pembatasan akan diberlakukan selama 15 hingga 30 hari," tambah koran tersebut tanpa mengatakan tanggap pelarangan akan diberlakukan.
 
Hanoi membantah masuknya pengunjung dari wilayah bebas visa Schengen Eropa dan Inggris pada Minggu kemarin. Pemerintah juga memerintahkan karantina wajib dan tes virus untuk semua kedatangan dari wilayah yang terkena virus.
 
Pemerintah menyarankan masyarakat Vietnam untuk membatalkan pertemuan besar, serta memerintahkan penggunakan masker di tempat-tempat umum.
 
Selain Vietnam, Singapura dan Brunei Darussalam juga melaporkan kasus covid-19 terkait dengan tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petalling, Malaysia.
 
Sementara di Malaysia, sebagian besar kasus covid-19 terkait dengan kegiatan keagamaan tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif