Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (Medcom.id)
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (Medcom.id)

Dubes Ukraina: Kita Berada di Tengah Perang Dunia III Karena Rusia

Internasional ukraina rusia indonesia-ukraina Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Marcheilla Ariesta • 19 April 2022 18:07
Jakarta: Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengeklaim bahwa dunia saat ini tengah berada di era Perang Dunia III. Klaim itu disampaikan di saat negaranya telah digempur Rusia selama hampir dua bulan sejak 24 Februari.
 
"Kita menyaksikan perang global. Jika banyak yang bertanya apakah kita akan mengalami Perang Dunia III, jawaban saya, kita saat ini tengah mengalami Perang Dunia III yang dampaknya tak bisa dihindari lagi," kata Dubes Vasyl, dalam jumpa pers virtual, Selasa, 19 April 2022.
 
Ia mengatakan, situasi saat ini, baik yang terjadi di Ukraina maupun seluruh dunia, sangatlah buruk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Buruknya situasi, lanjut Dubes Vasyl, terlihat dari berbagai krisis di berbagai bidang, seperti ketahanan pangan, arsitektur kesehatan, energi, keamanan, dan lain sebagainya. Beragam krisis itu disebutnya merupakan imbas dari invasi Rusia.
 
"Dan hanya satu negara yang bertanggung jawab untuk itu. Anda tahu, namanya adalah Rusia," ucap Hamianin.
 
Menurutnya, invasi Rusia ke Ukraina tidak ada hubungannya dengan rivalitas antara Barat atau Timur. Namun, Dubes Vasyl menilai apa yang terjadi di dunia saat ini secara langsung merupakan tanggung jawab Rusia.
 
Rusia melakukan 'operasi militer khusus' di Ukraina sejak Februari lalu, yang dianggap negara-negara Barat sebagai invasi tak berdasar. Agresi militer itu mendapat kecaman dari berbagai pihak, terutama Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutu Barat.
 
AS dan sekutunya terus menjatuhkan sanksi kepada Rusia, baik di level pemerintah, perusahaan, bahkan individu termasuk Presiden Vladimir Putin dan keluarganya.
 
Meski gelombang sanksi terus berdatangan, Negeri Beruang Merah masih terus melancarkan serangannya ke Ukraina, terutama di wilayah timur negara tersebut.
 
Baca:  Trump: Konflik Rusia-Ukraina Dapat Berujung pada Perang Dunia III
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif