Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. Foto: AFP
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. Foto: AFP

Indonesia Kutuk Kunjungan Menteri Kontroversial Israel ke Kompleks Masjid Al-Aqsa

Fajar Nugraha • 05 Januari 2023 06:37
Jakarta: Pemerintah Indonesia Mengutuk kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir ke komplek Masjid Al-Aqsa 3 Januari 2023. Ben-Gvir dikenal sebagai tokoh sayap kanan yang kerap menghasut.
 
“Kunjungan tersebut merupakan provokasi yang dapat memicu ketegangan dan siklus kekerasan baru di Palestina,” menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, dilansir dari situs Kemlu.go.id, Kamis 5 Januari 2023.
 
“Indonesia menyerukan Israel untuk menghormati status quo yang sudah disepakati bersama dan menghindari aksi dan provokasi yang mencederai tempat-tempat suci di Yerusalem,” imbuh Kemenlu. 
 
Baca: Menteri Kontroversial Israel Kunjungi Masjid Al-Aqsa, Roket Diluncurkan dari Gaza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Indonesia menyerukan masyarakat internasional khususnya PBB untuk terus mendesak Israel untuk menghentikan segala tindakan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di Kawasan.
 
Indonesia menekankan kembali pentingnya proses perdamaian Palestina-Israel berdasarkan prinsip ‘Two State Solution’ sesuai parameter yang disepakati secara internasional.
 
Terletak di Yerusalem timur yang dianeksasi Israel, kompleks tersebut dikelola oleh dewan urusan Wakaf Islam, dengan pasukan Israel beroperasi di sana dan mengontrol akses.
 
Ben-Gvir telah melobi untuk merombak manajemen situs untuk mengizinkan warga Yahudi berdoa di sana. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah langkah yang ditentang oleh otoritas kerabian arus utama.
 
Penjaga wakaf mengatakan kepada AFP bahwa Ben-Gvir didampingi oleh unit pasukan keamanan Israel. Sementara sebuah drone melayang di atas tempat suci.
 
Sementara Ben-Gvir telah mengunjungi kompleks itu berkali-kali sejak memasuki parlemen pada April 2021, kehadirannya sebagai menteri utama memiliki bobot yang jauh lebih besar.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif