Misi Pegasus 2022 juga memperlihatkan kuatnya kerja sama militer Indonesia dan Prancis. (Marcheilla Ariesta / Medcom.id)
Misi Pegasus 2022 juga memperlihatkan kuatnya kerja sama militer Indonesia dan Prancis. (Marcheilla Ariesta / Medcom.id)

Misi Pegasus Prancis ke Jakarta, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui

Marcheilla Ariesta • 12 September 2022 15:39
Jakarta: Prancis kembali melakukan misi tahunan angkatan udara mereka yang dikenal dengan Misi Pegasus di Jakarta. Tahun ini, sebanyak enam pesawat dibawa, yang terdiri dari tiga pesawat jet tempur Rafale, satu pesawat Angkut A-400M, dan dua pesawat 330 MRTT.
 
Kepala Staf Misi Pegasus Stephane Groen mengatakan, misi ini merupakan bagian dari strategis Indo-Pasifik Prancis yang sejalan dengan milik Uni Eropa. Ia mengungkapkan ada empat hal penting dalam misi ini.
 
"Pertama, misi ini adalah ilustrasi sempurna dari strategi kami di Indo-Pasifik," kata Groen, di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin, 12 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, kata Groen, Prancis merupakan negara berdaulat di Pasifik dan mampu melindungi kepentingannya kapan pun, dan di mana pun.
 
"Ketiga, kami menjadi mitra militer yang andal, cepat, dan kuat. Dan sebagai negara Pasifik, kami sangat terlibat dalam keamanan dan stabilitas di kawasan," sambungnya.
 
Hal keempat, lanjut Groen, Prancis mendukung kebebasan navigasi. "Kami mendukung kebebasan bertindak, kapan pun hukum internasional mengizinkan kami," lanjut Groen.
 
Untuk tahun ini, misi Pegasus 2022 dilakukan ke Kaledonia Baru, India, Australia, Indonesia, Singapura dan kemudian kembali ke Prancis.
 
Di Indonesia, militer AU Prancis akan berlatih dengan pilot F-16. "Tujuan latihan ini adalah agar semua angkatan udara Pasifik, dari 70 negara yang berpartisipasi dapat berlatih bersama untuk mengembangkan interoperabilitas agar dapat melakukan operasi militer kompleks di lingkungan yang sulit," sambung Groen.
 
Misi Pegasus 2022 di Indonesia berlangsung selama tiga hari. Setelah dari Indonesia, misi ini akan berlanjut di Singapura, sebelum nantinya berakhir kembali ke Prancis.
 
Baca:  6 Pesawat Militer Prancis Mendarat di Jakarta untuk Misi Pegasus 2022

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif