Pemandangan salah satu sudut kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto: AFP)

UEA Diharapkan Berani Peringatkan Israel untuk Hargai Palestina

Internasional palestina israel
Marcheilla Ariesta • 15 Agustus 2020 15:04
Jakarta: Palestina kecewa atas langkah Uni Emirat Arab (UEA) yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Pasalnya, beberapa negara Arab lain juga memiliki hubungan tidak resmi dengan Negeri Zionis itu.
 
Namun, pengamat internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah, menilai UEA akan berperan sebagai juru bicara internasional atas Palestina.
 
"Diperkirakan UEA akan menjalankan peran sebagai juru bicara internasional atas Palestina, dan berani mengingatkan Israel untuk senantiasa menghargai Resolusi PBB atas Palestina," ucapnya kepada Medcom.id, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menilai langkah UEA untuk berhubungan dengan Israel yang mengejutkan ini, sangat realistis. Terlebih saat ini ekonomi di seluruh negara mengalami penurunan akibat pandemi virus korona (covid-19).
 
Rezasyah mengatakan memang mitra Israel di Timur Tengah bertambah setelah Mesir dan Yordania. Dia tidak menampik keberhasilan Israel tersebut akan memperkuat pendekatan mereka untuk menargetkan Turki.
 
Turki dianggap bermain dua kaki, yakni seperti di sisi lain ingin melakukan normalisasi, namun sisi lainnya lagi ingin membekukannya. Menurutnya, hal itu akan tergantung penilaian Turki atas perkembangan di Timur Tengah.
 
Sementara pada saat yang sama, Israel akan menargetkan Arab Saudi, yang selama ini sudah memiliki hubungan tidak resmi dengan Israel di bidang intelijen.
 
Dengan pengumuman tersebut, UEA menjadi negara Teluk Arab pertama yang melakukannya dan negara Arab ketiga yang memiliki hubungan diplomatik aktif dengan Israel.
 
Dengan normalisasi ini, Israel dinilai akan memungkinkan deras masuknya investasi di bidang infrastruktur, pertanian, elektronik, dan penerbangan bagi UEA.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif