Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam acara Indonesia Green Summit 2021. Foto: Medcom.id/Marcheilla.
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam acara Indonesia Green Summit 2021. Foto: Medcom.id/Marcheilla.

RI Dorong Aksi Konkret Global untuk Hadapi Perubahan Iklim

Marcheilla Ariesta • 27 Juli 2021 19:17
Jakarta: Indonesia akan mendorong lebih banyak aksi perlindungan lingkungan di tingkat global. Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menjelaskan, di tingkat internasional, isu perubahan iklim hanya ditandai dengan 'pernyataan' bukan aksi konkret.
 
"Di tingkat global, justru yang lebih banyak adalah statements bukan pengukuran. Ini yang harus kita dorong dan menjadi posisi kita dalam negosiasi internasional," tegas Mahendra dalam Indonesia Green Summit 2021, Selasa, 27 Juli 2021.
 
Mahendra berharap agar tidak ada lagi 'lomba pernyataan' namun tidak ada buktinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semuanya harus sejalan, dan apa yang Indonesia capai, termasuk dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan menjadi bukti kami," imbuhnya.
 
Menurut Wamenlu, transformasi yang dicapai Indonesia di sektor kehutanan luar biasa. Ia mencontohkan, tahun lalu jumlah deforestasi dan kebakaran hutan di Indonesia menurun hingga 85 persen.
 
Mahendra mengatakan, Indonesia sangat berhasil dibandingkan dengan negara maju yang malah terus 'berkutat' dengan kebakaran hutan dan lahan. Menurutnya, kebakaran hutan di Australia mencapai 20 kali dibanding Indonesia, sedangkan Amerika Serikat hingga 50 kali luasnya.
 
Indonesia menurut Mahendra dalam jalur yang tepat untuk mengatasi perubahan iklim. Ia dengan yakin mengatakan target 29 persen emisi CO2 pada 2030 akan tercapai, bahkan bisa lebih cepat.
 
Baca juga: Indonesia Sudah di Jalur Tepat dalam Hadapi Perubahan Iklim
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif